ATLETIK – HARI PERTAMA SUMBAR SABET TIGA MEDALI EMAS

Lusiana Satriani penyumbang medali emas kontingen Sumbar.

Lusiana Satriani penyumbang medali emas kontingen Sumbar.

Advertisements

Belitung , Padangtoday.com – Tim atletik Sumatera Barat berhasil menyabet tiga medali emas pada ajang Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera di Lintasan Atletik Stadion Utama Belitung Timur Pelangi (BTP), Kamis(12/11).

Tiga medali emas tersebut dihasilkan lewat sprinter andalan  nomor putra dan putri atas nama Yaspi Boby yang turun pada nomor 100 meter dan Lusiana Satriani yang juga turun pada nomor yang sama. Emas ketiga bagi  tim atleti Ranah Minang  dihasilkan lewat  Yulianti Utari pada nomor 5.000 meter putri.

Pada nomor final100 meter putra, Yaspi Boby  menjadi manusia tercepat wilayah Sumatera setelah pada babak final mencatatkan waktu tercepat 10.69 detik. Pada nomor itu, medali perak diraih oleh Antoni dari Provinsi Aceh dengan waktu 11.18detik , dan medali perunggu disabet sprinter Sumatera Selatan 11.21 detik.

Dinomor 100 meter putri, Lusiana Satriani juga membuktikan diri sebagai salah satu atlet andalan Sumbar, dengan menjadi yang tercepat pada babak final dengan waktu12.25 detik. Medali perak diraih oleh mantan atlet Pelatnas dari Riau, Mentari Pratiwi dengan membukukan waktu 12.42 detik dan Agustina Mardika meraih perak dengan 12.56detik.

Yulianti Utari yang turun pada nomor 5.000meter putri menjadi penyumbang emas ketiga Sumbar pada hari pertama pelaksanaan cabang olahraga atletik di Bumi Laskar Pelangi tersebut, dengan catatan waktu 18.46menit. Yulianti berhasil mengalahkan kandidat kuat medali emas yang juga rekan satu daerahnya Bayu Triananta Sari  yang finish diurutan kedua dengan waktu 18.57 menit. Sementara medali perunggu diraih oleh Nyai Prima Agita dari Sumatera Utara dengan waktu 20.05 menit.

Selain berhasil meraih tiga medali emas pada lintasan nomor bergengsi tersebut, pundi-pundi medali Sumbar juga bertambah lewat sabetan dua medali perak lainnya pada nomor jalan cepat dan lompat galah.

Pada nomor jalan cepat  Syulaiman, finish diurutan kedua  dengan catatan waktu 01 jam 48 menit, 48 detik. Medali emas pada nomor tersebut diraih oleh atlet Kristian Tobing dari Riau 1 jam, 45 menit 14 detik, dan medali perunggu Rian Saputra dari Sumsel 1 jam 50 menit 11 detik.

Medali perak lainnya untuk kontingen Sumbar disumbangkan Emrina dengan membukukan lompatan tertinggi 2, 80 meter, medali emas diraih Ni Putu Desi dari Sumatera Selatan dengan lompatan tertinggi tiga meter, dan medali perunggu diraih oleh Nabela Ariantika dari Lampung 2,60 meter.

Sampai hari pertama rangkaian pertandingan cabang olahraga atletik, kontingen Sumbar total meraih tiga medali emas dan tiga perak.

Keberhasilan sprinter Sumbar meraih tiga emas tersebut menurut Pelatih Ridwan Maret sudah diprediksi dari awal.

“Kami bersyukur target yang dibebankan kepada Lusiana, Yaspi Boby dan Yulianti Utari dapat terealisasi, mudah-mudahan ini menjadi momentum pada hari berikutnya untuk bisa mendulang medali emas lainnya,” katanya.

Hari pertama cabang olahraga atletik yang diikuti 10 provinsi tersebut sudah menyelesaikan 10 nomor pertandingan. (can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*