ATLETIK (PORWIL SUMATERA) – EMAS10.000 METER PUTRI SUMBAR GAGAL DICAPAI

Ketua Umum PASI Sumbar Sengaja Budi Syukur bersama Yaspi Boby.

Ketua Umum PASI Sumbar Sengaja Budi Syukur bersama Yaspi Boby.

Advertisements

BELITUNG, PADANGTODAY.COM -Target medali emas nomor 10.000 meter tim atletik Sumatera Barat gagal tercapai pada ajang Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) IX Sumatera 2015 di Stadion Utama Belitung Timur Pelangi (BTP), Kabupaten Belitung Timur.

Srikandi Sumbar  Bayu Triananta Sari yang turun pada nomor tersebut hanya mempu menyumbangkan medali perak dengan catatan waktu 39 menit, 00,20 detik kalah tipis  dari atlet Riau atas nama Yanita Sari dengan catatan waktu 39 menit.

Medali perunggu direbut oleh pelari dari Bangka Belitung Desi Wulandari dengan membukukan waktu 46 menit, 03 detik.

Pada babak final yang berlangsung Sabtu pagi tersebut, persaingan kedua pelari antara Bayu  dan Yanita sudah dimulai sejak memasuki 5.000 meter terakhir,  kedua pelari sering berganti posisi satu dan dua, Bayu yang mencoba “menarik” Yanita dengan menambah kecepatan pada 3.000 meter terakhir tidak membuahkan hasil.

Secara mengejutkan, Yanita justru terus menempel ketat Bayu yang sebelumnya meraih medali emas pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) di Jakarta, September 2015. Persaingan  kedua pelari tersebut berlangsung sengit, tekanan yang diberikan Yanita kepada Bayu membuat kecepatan kedua pelari terus bertambah.

Memasuki 100 meter menjelang finish,  posisi kedua pelari tersebut sudah bersebelahan. Posisi itu terus terjadi sampai masuk garis finish. Namun dari ketetapan dewan hakim dan photo finish, Yanita unggul “kepala” saat masuk garis finish.

“Tipis, kalah kepala,” kata Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumbar, Budi Syukur usai pertandingan.

Namun demikian, ia  tetap memberikan apresiasi terhadap perjuangan Bayu pada pertandingan tersebut yang sudah tampil maksimal dan mengerahkan kemampuan terbaiknya.

“Harus diakui, itu pertandingan luar biasa, saya bangga terhadap perjuangan Bayu,” katanya.

Meski gagal menyumbangkan medali emas, namun secara peringkat perolehan medali sementara  sampai hari ketiga pelaksanaan cabang olahraga atletik Sabtu pagi, tim atletik Sumbar masih memimpin dengan torehan lima medali emas, enam perak dan dua perunggu. (can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*