ATLETIK (PORWIL SUMATERA)- HAMDAN SUMBANG PERAK SUMBAR NOMOR 10.000 METER

Belitung, PADANGTODAY.COM -Pelari jarak jauh Sumatera Barat (Sumbar) Hamdan Sayuti hanya mampu menyumbangkan medali perak bagi kontingennya pada Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) IX Sumatera 2015 nomor10.000 meter putra yang berlangsung di Stadion Utama Belitung Timur Pelangi (BTP), Kabupaten Belitung Timur, Jumat pagi.

Advertisements

Pada babak final tersebut, Hamdan kalah tipis dari atlet nasional asal Sumatera Selatan Jauhari Johan dengan catatan waktu, 33 menit,37 detik. Jauhari sendiri meraih medali emas dengan waktu tempuh 33 menit, 14 detik. Medali perunggu pada nomor ini disabet atlet Sumatera Utara, Welman Pasaribu dengan waktu 34 menit, 46 detik.

Sekretaris Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumbar, Arfan Rosyda usai pertandingan mengungkapkan, pada nomor tersebut, Hamdan memang tidak ditargetkan meraih medali emas, mengingat Jauhari Johan juga turun pada Porwil tersebut.

“Harus diakui nomor 10.000 meter masih dipegang Jauhari, sulit memang mengalahkannya,” katanya.

Selain gagal meraih medali emas, Hamdan juga gagal meraih tiket untuk lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 di Jawa Barat. Limit waktu untuk lolos ke PON 2016, PB PASI menetapkan catatan waktu 32 menit, 10 detik.

Ia mengungkapkan, sebelumnya PASI Sumbar hanya menargetkan Hamdan untuk bisa mencapai limit waktu untuk lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 di Jawa Barat. Arfan juga menyebutkan, nomor 10.000meter bukan nomor spesialisasi Hamdan pada ajang itu.

“Kalau Hamdan kami targetkan meraih medali emas nomor maraton,” katanya.

Hal yang sama juga diakui Hamdan, baginya nomor 10.000 meter, kekuatan atlet Jauhari masih sulit untuk dikalahkan, selain itu nomor tersebut juga bukan nomor favoritnya.

Namun demikian, Hamdan bertekad pada nomor maraton akan membalas kekalahannya dari Jauhari yang  merupakan atlet yang dipersiapkan untuk mewakili Indonesia pada ajang SEA Gamed 2016.

“Untuk nomor maraton kami optimistis, mudah-mudahan kekalahan ini bisa ditebus pada nomor maraton,” katanya.

Sampai hari kedua pelaksanaan pertandingan cabang olahraga atletik di “bumi laskar pelangi”, total para sprinter Sumbar sudah menyumbangkan empat medali emas, dan empat medali perak.

Pada Porwil 2015 ini, total medali emas cabang olahraga atletik memperebutkan 46 set medali.(can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*