ATLETIK (PORWIL SUMATERA), SUMBAR KEMBALI RAIH EMAS

Belitung,Padangtoday.com -Atletik Kembali menyumbangkan medali emas untuk kontingen Sumbar diarena Pekan Olahraga Wilayah ( Porwil)  IX.

Advertisements

Emas keempat Sumbar ini disambut Osa Fitri yang berlaga pada nomor tolak peluru putri yang berlangsung di Stadion Utama Belitung Timur Pelangi (BTP), Kabupaten Belitung Timur, Jumat pagi.

Pada babak final yang diikuti empat  atlet itu, Osa Fitri berhasil mencatatkan jarak terjauh tolakan peluru 11, 43 meter,  dan medali perak direbut oleh atlet tuan rumah Bangka Belitung Juni Kartika dengan tolakan sejauh 10,86 meter, dan perunggu juga diraih atlet Babel Ervina Riyanti dengan tolakan 10,12 meter.

Keberhasilan srikandi Ranang Minang itu meraih medali emas, semakin mempertahankan dominasi Sumbar sampai hari kedua pelaksanaan cabang olahraga atletik  Porwil IX di “bumi laskar pelangi” tersebut.

Sebelumnya, pada hari pertama pelaksanaan pertandingan, para sprinter Sumbar yang bertanding di nomor lintasan, berhasil menyumbangkan tiga medali emas dan tiga medali perunggu.

Tiga emas tersebut disumbangkan oleh sprinter Yaspi Boby pada nomor 100 meter putra, dan Lusiana Satriani yang turun pada nomor yang sama dan satu emas lainnya dihasilkan oleh pelari jarak jauh atas nama Yulianti Utari pada nomor 5.000 meter putri.

Untuk medali perak,  Syulaiman pada nomor jalan cepat, Bayu Triananta Sari di nomor 5.000 meter putri dan Emrina pada nomor lompat galah putri.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumbar, Ridwan Maret mengatakan keberhasilan Osa Fitri merebut medali emas, membuktikan atlet tersebut  sebagai salah satu atlet tolak peluru masa depan Sumbar.

Sementara itu,  Sekretaris Umum PASI Sumbar, Arfan Rosyda mengungkapkan,  meski berhasil meraih medali emas, namun Osa gagal menembus limit  untuk lolos pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 di Jawa Barat.

“Untuk lolos PON PB PASI menetapkan jarak sejauh 12,60 meter, Sementara rekor nasional masih dipegang oleh atlet Papua Josephine Masuhe dengan tolakan sejauh 14,34 meter,” katanya.

Namun demikian, peluang Osa untuk tampil di PON masih terbuka lebar, karena untuk memenuhi kuota atlet nomor tersebut, PB PASI akan merangking secara nasional dari seluruh rangkaian babak kualifikasi yang terbagi dalam beberap kejuaraan dan wilayah. (can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*