Audy Inspirasi Pemuda Dan Melenial

Oleh, Bagindo Yohanes Wempi

Pemuda dan melinial Sumbar perlu memberikan apresiasi dan bangga diri dengan banyaknya tokoh petani atau peternak muda yang tampil di dunia politik Sumbar untuk mambangkik batang taranam potensi alam Sumbar. Di antaranya pada Pilkada Sumbar 2020 ini yang sudah final maju berpasangan diusung partai yaitu Mahyeldi SP dengan Ir Audy Joinaldy, S.Pt, M.Sc, M.M, IPM, ASEAN.Eng.

Pasangan ini sudah diatar ke KPU oleh masyarakat. Serta koalisi PKS dan PPP ini merupakan pasangan yang dibutuhkan oleh Sumatra Barat. Dalam kondisi semua negara sedang menyiapkan wilayahnya memperkuat ketahanan pangan ketika pandemik covid-19 ini tetap berlangsung.

Nah dengan adanya sarjana pertanian dan peternakan ini nanti memimpin akan dipastikan bisa terwujud cita-cita ketahanan pangan yang saat ini didengungkan oleh Jokowi dan Prabowo akhir-akhir ini.

Penulis selaku lulusan Fakultas Peternakan Unand sangat berbangga sekali. Apalagi Audy Joinaldy yang juga sama-sama aktivis organisasi PII (Persatuan Insinyur Indonesia) “The Institution of Engineers Indonesia”. Sebagai pengurus aktif PII Kota Padang, sebagai wakil ketua. Secara otomatis makin bangga ada tokoh insinyur professional yang mau membangun Sumbar ke depan.

Sumbar terutama daerah Minang membutuhkan sosok pemimpin pemuda, melinial sebagai contoh tauladan yang mampu mengerjakan, menumbuhkan, memberdayakan, meningkatkan, mensejahterakan sektor pertanian dan peternakan.

Sama-sama diketahui, zaman dahulu petani di Ranah Minang dipastikan setiap Kepala Keluarga memiliki ternak sapi, kambing, kerbau dan unggas. Terkadang ternak yang dipelihara tersebut sebagai tabungan mereka untuk anaknya sekolah atau moda baminantu atau menikahkan anaknya, serta mendapat gelar sarjana.

Maka kejayaan Sumbar sebagai pusat ternak, pertanian Indonesia kembali bisa diciptakan. Begitu juga dahulu banyak keluarga petani untuk menyukseskan anaknya di masa yang akan datang dengan modal ternak di rumahnya perlu dibudayakan lagi. Dengan kondisi pandemik virus corona ini sangat pas juga, sosok sarjana peternakan dijadikan pemimpin di Sumbar untuk merangkul kalangan muda dan melenial.

Apalagi sosok pemimpin tersebut yang aktif dikepengurusan dan anggota PII , serta Anggota AFEO (ASEAN Federation of Engineering Organisation) yang di dalam misi organisasinya akan memajukan bangsa bidang insinyur ini sesuai dengan aturan keisinyuran baik nasional dan Internasional.

Sumatra Barat merupakan daerah pertanian yang diunggulkan. Salah satunya adalah sektor peternakan. Dengan target Sumbar bisa menjadi daerah penghasil ternak nomor 1 di Indonesia seperti penghasil sapi, kambing, kerbau, dan ternak unggas yang bisa menyuplai kebutuhan nasional atau daerah Sumbar bisa swasembada daging Indonesia.

Pemuda dan melenial ranah Minang sangat tepat menjadikan Audy sebagai sosok inspirasi, penyemangat kepada semuanya. Sosok anak muda harapan yang akan bisa merangkul semua pemuda dan melenial untuk maju, tampil dan bisa digerakanan untuk kemakmuran bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas