Bacaleg Perempuan PKB Daftar Di Partai Lain,Terancam Kosong Bacaleg

    Padang-today.com – Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari  PKB juga mendaftar ke Partai Berkarya untuk pencalonan di Pemilu 2019.

Advertisements

Bacaleg mendaftar di dua parpol berda yakni atas nama Rima Harida Safitri. Bacaleg tersebut terdaftar di PKB dapil Sumbar 8 nomor urut 7 untuk DPRD Provinsi Sumbar, namun juga ditemukan di Partai Berkarya dapil Sumbar 8 nomor urut 6.

“KPU menemukan ada bacaleg perempuan terdaftar di dua partai politik,”kata Ketua KPU Sumbar

    Ia menjelaskan, adanya bacaleg perempuan mendaftar di dua parpol sangat berpotensi kekosongan bacaleg di daerah pemilihan.

“Kegandaan bacaleg perempuan itu bisa mengancam keikutsertaan parpol pada suatu dapil, karena yang terindikasi ganda itu ada nama bacaleg perempuan,”ujarnya.

    Ketika diketahui satu dapil kekosongan bacaleg akibat ditemukan bacaleg perempuan ganda di dua parpol. Kuota 30 persen perempuan wajib di penuhi parpol,jika tidak tentukan parpol tidak bacaleg di suatu dapil.

“Parpol diharapkan untuk segera mengganti bacaleg perempuan terdaftar di dua partai,”jelas Amnasmen.

    Ia menambahkan, KPU selain menemukan bacaleg perempuan terdaftar di dua parpol, namun juga ditemukan bacaleg terdaftar di dua dua provinsi.

“Bacaleg itu atas nama H.Arfan Maksum Nasution terdaftar di Partai Berkarya dapil Sumbar 4 nomor urut 6 juga terdaftar di parpol Demokrat dapil Sumut 4 nomor urut ,”jelasnya.

    Sementara itu Izwaryani Koordinator Divisi Teknis KPU Sumbar, menyatakan, KPU menemukan enam bacaleg ganda terdaftar di parpol.

“Dari hasil pemeriksaan SILON dilakukan KPU ditemukan 6 orang bacaleg ganda,”katanya.

   Keenam bacaleg yakni atas nama Ruma Harida Safitri terdaftar di PKB dapil Sumbar 8 nomor urut 7, Yelfi Erlinda bacaleg Partai Berkarya dapil Sumbar 5 nomor urut 5 namun terdaftar di Partai Berkarya dapil Limapuluh Kota 5 nomor urut 5.

Bacaleg atas nama H.Arfan Maksum Nasution terdaftar di Partai Berkarya dapil Sumbar 4 nomor urut 6 namun juga terdaftar di Partai Demokrat dapil Sumut 4 nomor urut 4, bacaleg atas nama Mardianto terdaftar Partai Berkarya dapil Sumbar 4 nomor urut 4, juga terdaftar dipartai sama yakni Berkarya di dapil Pasaman Barat 1 nomor urut 2.

Selanjutnya bacaleg atas nama Afrizal Terry bacaleg Berkarya dapil Sumbar 4 nomor urut 1, namun terdaftar di partai sama tapi terdaftar di dapil Pasaman Barat 1 nomor,kemudian bacaleg Riza Fatmi partai Berkarya dapil Sumbar 4 nomor urut 3, juga terdaftar di Partai Berkarya tapi di dapil Pasaman Barat 1 dengan nomor urut 6.

    “Ternyata ada yang ganda di Sumbar dengan Sumut dan beberap kabupaten di Sumbar, total semua ada 6 orang terlibat dalam partai, PKB, Berkarya, Demokrat,”jelas Izwaryani.

    Ia menyatakan, temuan ini terdeteksi berkat aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Setidaknya ada empat bacaleg yang terdeteksi terdaftar ganda.

    “Setelah kami masukkan masing-masing identitas para calon, maka di situ akan langsung terungkap seluruh data beliau terkait pencalonan untuk Pileg 2019,”katanya.

    Ia menjelaskan, pihaknya akan segera melakukan klarifikasi kepada masing-masing partai yang mendaftarkan mereka ke KPU Sumbar.

“Kami akan sampaikan hasil temuan ini. Dan nanti tentu bacaleg yang dimaksud akan memilih salah satu, dimana ia mau maju sebagai bacaleg,”ungkapnya.(dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*