Bagian Humas Optimalkan Fungsi e-Kliping

Padang Panjang – Bagian Humas Setdako Padang Panjang menciptakan terobosan baru dalam memanfaatkan bundel berita atau yang lebih dikenal dengan kliping dari sejumlah media cetak dan online. Terobosan yang dilakukan tersebut, dengan membuat kliping eletronik atau yang biasa disebut e-Kliping.

Advertisements

Kliping pemberitaan yang biasanya dirangkum oleh Bagian Humas tersebut, yang biasanya hanya dibiarkan menumpuk dan menjadi tumpukan arsip. Saat ini, pemberitaan seputaran Padang Panjang tersebut sudah bisa dibaca melalui website padangpanjang.go.id atau melalui akun Facebook dan Fan Page Humas Padang Panjang.

Kasubag Penerangan Bagian Humas Setdako Padang Panjang Reynold Oktavian, ST.M.TI ketika ditemui Selasa kemarin menyampaikan, e-Kliping ini merupakan salah satu bentuk inovasi kami untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dalam penyebarluasan informasi dan publikasi mengenai kota Padang Panjang yang telah dimuat dalam berbagai Media Cetak dan Elektronik kepada masyarakat.

“Jika selama ini kliping dalam bentuk fisik, seringkali hanya jadi tumpukan di lemari arsip yang terkadang hanya dibaca pada saat dibundel, maka e-kliping, didukung oleh maraknya penggunaan media sosial di kalangan masyakarat bisa diakses dengan mudah dan dibaca oleh semua orang, karena kami tiap hari kerja selalu meng-upload e-kliping ke berbagai media sosial, secara terbuka, dan langsung di hari yang sama.

“Dengan adanya e-kliping ini diharapkan masyarakat semakin mudah dalam mendapatkan informasi dan publikasi tentang daerahnya sendiri yaitu kota Padang Panjang. Diharapkan juga pelaksanaan program dan kegiatan pemerintahan serta berita ter-update mengenai hal-hal yang terjadi di kota, sekarang bisa diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat, tidak hanya kalangan tertentu yang memiliki akses dan kesempatan untuk mendapatkan media cetak dan elektronik lainnya,” sebutnya.

Dalam proses pembuatan e-kliping itu sendiri, lanjut Reynold, berita-berita tentang Kota Padang Panjang yang ada di sejumlah media masa akan dikumpulkan dan dijadikan file elektroniknya oleh petugas khsusus di Bagian Humas, setelah itu baru diupload ke website dan akun media social bagian Humas, sehingga masyarakat baik yang berada di kampung halaman maupun di perantauan bisa mengetahui pemberitaan-pemberitaan tentang Padang Panjang pada hari itu juga.

Sementara itu, Dasriel Adek, salah seorang warga Kelurahan Guguk Malintang menyebutkan, sangat mendukung program e-kliping yang dilakukan oleh Bagian Humas, apalagi itu juga berkaitan dengan program-program pembangunan yang dilakukan di Padang Panjang.

“Ini sangat bagus untuk kecepatan informasi, belum tentu seluruh masyarakat bisa membaca atau berlangganan media cetak, tetapi melalui e-kliping ini, seluruh pemberitaan tentang Padang Panjang di sejumlah media bisa dibaca tanpa harus membaca seluruh media,” jelasnya.

Hal yang sama juga disampaikan Kasi Operasi Satpol-PP Kota Padang Panjang David Nover Marthin, dirinya sering mendapatkan informasi tentang kegiatan di Padang Panjang melalui kliping elektronik yang diposting di akun facebook Bagian Humas.

“Dengan adanya kemajuan IT, kita akan lebih mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan, termasuk juga informasi tentang Kota Padang Panjang,” jelasnya. (*)

2 comments

  1. Selamat pagi,nama saya david,saya cpns yang bertugas di setda kabupaten lamandau
    Saya ingin bertanya mudah mudahan admin berkenan untuk
    Menjawab
    Saya sedang mengembangkan e kliping sebagai salah satu tugas aktualisasi
    Saya sebagai cpns
    Pertanyaan saya adalah
    1.apa manfaat e kliping atau kliping digital di daerah anda?
    2.bagaimana respons masyarakat terhadap sistem layanan informasi e kliping di daerah anda?
    3.apakah menurut anda e kliping masih relevan sebagai sumber informasi?
    4.bagaimana potensi e kliping ke depannya?

    Mohon admin berkenan untuk menjawab
    Mohon petunjuk
    Terima kasih yang sebesar besarnya
    David perdana kusuma
    nomor kontak
    087817944066
    http://kol.lamandaukab.go.id/

  2. apakah padang today memiliki email atau nomor kontak asn yang mengembangkan e kliping milik setda kota padang? mohon petunjuk
    terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*