Balai Cacang Kini Punya MCK Plus Rp325 Juta

Inilah bangunan MCK Plus yang diresmikan Walikota Riza Falepi di Kelurahan Balai Cacang, Payakumbuh Utara, Kamis.

Inilah bangunan MCK Plus yang diresmikan Walikota Riza Falepi di Kelurahan Balai Cacang, Payakumbuh Utara, Kamis.

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Kelurahan Balai Cacang di Kenagarian Koto nan Gadang, Kecamatan Payakumbuh Utara, dilengkapi dengan MCK plus  senilai Rp325 juta. Kehadiran MCK yang diberi nama Tobek Longgo itu sangat didambakan warga setempat, terutama bagi KK miskin yang selama ini belum memiliki MCK representatif.

Peresmian pemakaian  fasilitas umum itu, dilakukan Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, ditandai dengan penandatangan prasasti dan  pengguntingan pita bersama  Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam DAN Ketua KAN Koto nan Gadang H.I Dt. Rajo Muntiko Alam. Walikota sangat senang,  keberadàan MCK plus itu benar-benar membantu warga miskin  dan para jemaah mushalla. Letak bangunan MCK tersebut berada dalam kawasan prasarana peribadatan tersebut.

Selain dihadiri ratusan masyarakat, peresmian MCK itu juga dihadiri  Kadis PU diwakili Sekretaris Hendri Refdinal, Kabid Cipta Karya Delni Putra, Camat Payakumbuh Utara Novriwandi, Kapolsekta diwakili  Dasfuri, pengurus LPM/Kelompok Swadaya Masyarakat, kepala kelurahan, Bundo Kanduang, tokoh masyarakat dan  sejumlah undangan lainnya.

Walikota Riza Falepi dan Ketua DPRD Dt. Parmato Alam, memberikan apresiasi kepada warga dan kaum Datuk  Reno Dirajo, pasukuan pagar cancang yang menghibahkan tanahnya buat pembangunan MCK plus. Target 100 persen air bersih,  0% kawasan kumuh dan  100% sanitasi layak, seperti disampaikan Sekretaris Dina PU Hendri Refdinal akan terwujud, dengan keterlibatan masyarakat.

Dikatakan, masih banyak pekerjaan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan warga yang harus dikejar.  Karena itu, semangat warga membangun MCK  melalui Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), diminta Walikota Riza Falepi dan Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam terus berlanjut dalam pembangunan Payakumbuh ke depan.

Di bagian lain, Walikota mengajak warga merawat MCK plus dengan baik serta meninggalkan kebiasaan lama yang memanfaatkan kolam ikan untuk jamban. Karena itu, Badan  Pengelola Sarana (BPS)  yang dibentuk LPM dan kelurahan memelihara MCK itu,  diharapkan bekerja dengan semangat tinggi dan ikhlas karena Allah SWT.

Sebelumnya, Sekretaris Dinas PU Payakumbuh Hendri Refdinal, menyampaikan program Bidang Cipta Karya dalam rangka mengejar  pelayanan air bersih 100%,  mengejar target kawasan kumuh 0% dan sanitasi layak 100%. Pembangunan MCK plus, bagian dari komitmen pemko mengejar sanitasi layak. Sedangkan, untuk target air bersih, sudah dicapai Payakumbuh 98%.

Sementara, untuk memburu target 0% kawasan kumuh, Walikota Riza mewacanakan pembangunan rumah susun sewa (rusunawa) di kota ini. “Sepanjang tanah tersedia dan warga mau menjual tanah tersebut, pemko siap membangun rusunawa di daerah padat penduduk,” tegasnya.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*