Balap Motor Sumbar Siap Ukir Sejarah di PON

Pebalap Sumbar

Pebalap Sumbar

Advertisements

PADANG,PADANGTODAY.COM-Tiga pebalap Sumatera Barat, Aditya Anugrah, Rengi Lukman dan Ega Fajar Yulian yang sukses bersaing di Pra PON, siap mewujudkan prestasi diarena PON XIX yang akan ditabuh di Jawa Barat September mendatang.

Pada PON XIX ini, Sumbar meloloskan tiga nomor yakni, 125 cc, 150 cc dan beregu 150 cc. Dari hasil babak kualifikasi lalu, tiga pebalap ini mampu menyingkirkan pebalap terbaik di nasional.
Melihat hasil di Pra PON itu, IMI Sumbar selaku induk organisasi, optimitis tiga pebalap ini bisa mengukir prestasi di PON XIX.

“Melihat kemampuan tiga pebalap ini, terutama pebalap yang akan turun di kelas 125 cc, Aditya Anugrah, peluang meraih medali di PON XIX terbuka lebar. Selain masuk pebalap unggulan, Aditya Anugrah yang dipanggil PB IMI untuk mengikuti iven balap Asia ini juga ditakuti pebalap nasional,” ujar Ketua Umum IMI Sumbar Iwan Afriadi didampingi Sekum IMI Desyontori.

Katanya, melihat peta kekuatan nasional saat ini, peluang Sumbar untuk berprestasi di PON sangat besar. Dari data yang dikeluarkan PB PON, pesaing Sumbar, DKI Jakarta, Jabar, Jatim dan Yogyakarta. Malahan untuk kelas 125 cc, Sumbar masuk ungggulan pertama.

“Aditya saat ini menjadi unggulan. Dia saat ini berada di Jakarta untuk persiapan menghadapi iven balap Asia. Kita berharap dia mampu mengukir prestasi di iven Asia itu,” terangnya.

Dalam PON XIX Jabar – 2016 ini, terbagi dalam dua kelas yakni Bebek 150cc dan 125cc. Para pembalap di kelas bebek 150cc menggunakan Yamaha MX King dan kelas 125cc menggeber Honda Blade 125cc. “Ubahan di Yamaha MX King hanya ban, footstep, knalpot, dan selang rem TDR digarap oleh Yonk Jaya, sedangkan Honda Blade 125 oleh AHRS ubahannya hampir sama cuma untuk Blade bagian kopling sedikit custom dengan dengan mengaplikasikan kopling manual,” katanya.

Dari hasil Pra PON XIX Jabar – 2016 kelas 150cc, tersaring 14 Provinsi yang memperoleh tiket beregu dan 26 Provinsi mendapatkan tiket perorangan, sedangkan kelas 125cc ada 14 Provinsi yang sudah memastikan tiket beregu dan 31 Provinsi tiket perorangan untuk ajang olahraga balap motor pada PON 2016 mendatang di Jawa Barat. (can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*