Bank Mandiri dan Operator Telekomunikasi Melakukan Kerjasama

ilustrasi kerja sama

ilustrasi kerja sama

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Bank Mandiri dan operator telekomunikasi seperti Telkom, Telkomsel, XL, dan Indosat baru saja melakukan kerjasama untuk membidik masyarakat Indonesia yang belum tersentuh perbankan. Hal ini karena dari total populasi 250 juta penduduk, baru sekitar 60 juta yang tersentuh layanan perbankan, dan masih ada 120 juta yang belum tersentuh bank.

Kebanyakan dari jumlah 120 juta orang yang belum tersentuh bank berada di pinggiran kota. Oleh sebab itu, Bank Mandiri dan empat operator telekomunikasi itu bergegas menggarap ladang yang masih basah itu dengan produk Rekening Hape.

Rekening Hape baru tersedia di kota Garut, Tasikmalaya, dan Bandung, Jawa Barat. Rencananya layanan ini akan diperluas ke kota lain. “Rekening Hape ini komplementer. Pasarnya sangat besar, makanya kami sangat optimis,” ujar Group Head Mobile Financial Services Indosat, Randy Pangalela dalam jumpa pers di Jakarta.

Chief Digital Services Officer XL, Yessie D. Yosetya pun memiliki rasa optimis yang sama dengan Randy. Dikatakannya, jumlah agen Rekening Hape ditargetkan dapat tumbuh menjadi 1.700 pada akhir 2015 di seluruh Indonesia. Sementara dari sisi jumlah nasabah Rekening Hape dirinya menargetkan bisa tumbuh tiga juta sampai lima juta di tahun 2015.

Rasa optimis Yessie bukan tanpa alasan. Sederhananya, kata dia, jika menggunakan rekening hape bisa melakukan transaksi apa saja. Misalnya pembayaran tagihan atau pembayaran situs e-commerce. Berbeda dengan e-money hanya sebagai alat pembayaran semata. Maklum, saat ini e-money memang sedang gencar disosialisasikan juga.

“Jelas segmen pasarnya berbeda. Rekening Hape bakal mengincar pasar di daerah pinggiran kota. Sementara e-money mengincar pengguna smartphone di perkotaan,” katanya.

Apalagi, segmen pasar di daerah yang warganya masih menggunakan ponsel basic maupun feature phone yang masih mendominasi 70 persen pasar. Sekadar informasi, Rekening Hape memanfaatkan nomor telepon seluler nasabah sebagai nomor rekening. Para agen yang telah ditunjuk akan menjadi perpanjangan tangan bank di desa untuk menjangkau nasabah. Nasabah juga dapat tarik tunai tabungannya dari mesin ATM Bank Mandiri dan jaringan ATM Bersama.

(dzm/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*