Banpol Diperankan Pangkas Birokrasi

Padangpanjang, PADANGTODAY.com-Guna menanggapi keluhan dan pengaduan masyarakat terhadap bengkalai infrastruktur strategis, Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang lakukan upaya pemangkasan birokrasi dengan mengoptimalkan peranan tenaga harian bantuan Satpol PP (Banpol) sejak satu bulan belakangan hingga ke tingkat Rukun Tetangga (RT).

Advertisements

Kasat Pol PP Padangpanjang, Joni Aldo menyebut peran anggota Banpol yang diturunkan ke kelurahan tersebut menjalankan amanat langsung Walikota untuk menjemput aspirasi warga. Meski secara umum tugas Banpol tersebut memantau dan pengawasan terhadap kemungkinan pelanggaran Peraturan Daerah (Perda), tujuan utama memutus mata rantai birokrasi pemerintahan.

“Seperti adanya temuan kerusakan atau ketidakmaksimalan infrastruktur dan fasilitas umum, melalui laporan berbasis IT dapat langsung diksapi Satuan Kerja Perangkat Dearah (SKPD) terkait. Misalnya terkait penerangan, kerusakan jalan, roil serta lainnya, tidak harus melalui laporan berjenjang dari RT, Kelurahan hingga Kecamatan yang kemudian baru disikapi pada Musrenbang dalam rentang waktu cukup panjang,” ungkap Joni kepada Padang Today, Kamis (21/5) kemarin siang.

Birokrasi singkat melalui WhatsApp yang digunakan personil Banpol tersebut, tersambung secara luas tanpa terkecuali terhadap seluruh jajaran pemerintahan pada setiap instansi di lingkungan Pemko Padangpanjang. Setidak 2-3 Banpol yang diturunkan ke kelurahan setiap harinya, menghimpun seluruh permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat untuk disikapi langsung secara tegas pada SKPD terkait.

“Anggota yang kita turunkan ke masing-masing kelurahan tersebut langsung berkoordinasi dan turun bersama dengan petugas trantib, petugas RT dan warga setempat untuk melihat langsung permasalahan yang ada,” terang Joni.

Di luar hal tersebut, Banpol setiap akhir pekannya memberikan laporan secara terakumulasi terhadap temuan dan pengaduan masyarakat. Baik yang telah disikpai maupun yang belum untuk dilakukan evaluasi sesuai dengan amanat Walikota sebagai perpanjangan tangan SKPD, di luar tugas utama pengawasan pelanggaran Perda.

Wali Kota Padangpanjang, Hendri Arnis mengatakan tugas yang dijalankan Banpol dengan turun langsung ke tengah-tengah masyarakat diharapkan dapat mempercepat proses pembangunan yang sifatnya kebutuhan mendesak. Di sisi lain, keberadaan Banpol di tiap-tiap kelurahan diharapkannya dapat mempersingkat urusan birokrasi terkait pembenahan infrastruktur umum.

“Satu bulan berjalan sejak April lalu, banyak hal yang dirasakan masyarakat sebagai bentuk perhatian pemerintah. Ketidakmaksimalan pengawasan dari SKPD karena keterbatasan jumlah SDM, jelas akan sangat terbantu dengan adanya Banpol yang turun langsung ke lapangan setiap hari. Laporan melalui WhatsApp, bisa sama-sama diketahui untuk kemudian segera ditanggapi,” jawab Wako Hendri melalui selulernya. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*