Banyak Manfaat dan Kegunaan, e-KTP Digeber Masuk Sekolah

Banyak Manfaat dan Kegunaan, e-KTP Digeber Masuk Sekolah

Banyak Manfaat dan Kegunaan, e-KTP Digeber Masuk Sekolah

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi menggencarkan kegiatan e-KTP Masuk Sekolah. Kali ini, kegiatan tersebut dilaksanakan Bupati di SMA Negeri 1 Guguak, Sabtu (13/08/2016).

Disampaikan Bupati, fungsi e-KTP sendiri banyak diperlukan, baik oleh pemilik E-KTP atau juga bagi pembangunan.

“Fungsi e-KTP, sebagai identitas jati diri, berlaku Nasional, sehingga tidak perlu lagi membuat KTP lokal untuk pengurusan izin, pembukaan rekening Bank dan sebagainya. Mencegah KTP ganda dan pemalsuan KTP, terciptanya keakuratan data penduduk untuk mendukung program pembangunan,” ujar Bupati menerangkan.

Dikatakan Bupati Irfendi, di antara manfaat dan tujuan pembuatan KTP bagi peserta sekolah antara lain adalah sebagai bentuk pemenuhan hak. KTP saat ini, tambah Irfendi, diperlukan untuk mendaftar masuk sekolah. Selain itu juga sebagai data identitas, membuka tabungan, serta mendaftar BPJS. Bahkan bila terjadi hal yang tak diinginkan, menurut Bupati, KTP juga diperlukan saat dilakukan proses identifikasi jenazah dengan korban yang masih di bangku sekolah.

Kepala SMAN 1 Guguak Yondri menyampaikan jumlah siswa kelas X, XI, serta XII berjumlah 986 orang per tingkatan. Dari jumlah tersebut, 177 orang siswa telah dilakukan perekamannya. Pada tahap ini akan diserahkan e-KTP oleh Bupati Irfendi Arbi untuk 82 orang siswa.

“Kami dari sekolah meminta kepada Bupati Irfendi Arbi melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga dapat melaksanakan kegiatan akte kelahiran,” harap Bupati.

Menurutnya, masih banyak siswa-siswi SMA yang belum memiliki akte kelahiran. Sebabnya, Bupati berharap, selain telah diterbitkannya e-KTP sedari sekolah, nantinya akte kelahiran juga diupayakan.

Kepala Disdukcapil Azfrizal Aziz, SH mengatakan e-KTP masuk sekolah sudah berjalan pada tahun kedua. Dari sana, telah dilakukan perekaman terhadap pelajar SMP dan SMA/SMK.

E-KTP sangat perlu untuk dapat menciptakan sistem administrasi kependudukan yang rapi dan teratur dalam rangka mempermudah pemberian pelayanan publik oleh pemerintah kepada seluruh masyarakat. Pemanfaatan e-KTP diharapkan dapat berjalan lancar.

“Karena memiliki fungsi dan kegunaan yang sangat membantu pemerintah dan masyarakat yang bersangkutan dalam hal pemberian dan pemanfaatan pelayanan publik,” ujar Azfrizal Aziz,SH.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*