Basic Training HMI Payakumbuh Dorong Kader Berwirausaha

Basic Traning HMI Payakumbuh Dorong Kader Berwirausaha

Basic Training HMI Payakumbuh Dorong Kader Berwirausaha

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-HMI cabang Payakumbuh mengadakan Latihan Kader 1 (LK1) 3 Mei 2016 dan berakhir pada 8 Mei 2016. Latihan Kader 1 merupakan suatu jenjang pentrainingan yang dilalui oleh calon anggota biasa dengan melalui beberapa prosedur dan peraturan-peraturan tertentu yang harus dipatuhi.

LK1 di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Padang Alai Kota Payakumbuh itu mendatangkan pemateri dari alumni dan luar alumni himpunan ini. Hadir para pemateri Zahirman Zabir yang Ketua Umum HMI Cabang Payakumbuh dan juga ketua Badko Sumbar Riau periode 1985. Pemateri lainnya, Khairul Nas, Syaiful Anwar serta Pebriyansah dari Badko HMI Sumatera Barat.

Master of Training Agusma Hidayat dan pengurus HMI dari Cabang Payakumbuh dan Batusangkar, memakai pola manajemen traning standar HMI serta memasukkan pula materi muatan lokal dari cabang Payakumbuh.

Dalam traning ini juga kader HMI diberikan materi kewirausahaan sosial dengan narasumber Pebriyansah dari Nusantara Coffee yang mendorong kader untuk berinovasi memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia untuk dijakan sebuah usaha bagi para kader sehingga terbentuklah kader Himpunan yang mandiri.

Selain itu peserta dan pengelola juga berkesempatan melakukan kunjungan ke pabrik pengolahan kakao di Kelompok Tani Tanjung Subur Kota Payakumbuh, melihat langsung proses pengolahan kakao menjadi coklat dari mulai kebun pasca panen dan produk turunanya.

“Chokato,” merk produk Keltan Tanjung Subur mendukung agar mahasiswa menjadi seorang enterpernur. Dilakukan juga beberapa praktek tentang pengolahan kakao seperti proses fermentasi, roasting dan pengolahan menjadi produk siap pakai.(febriansyah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*