BAZNAS Kota Padang Panjang Salurkan Zakat Ekonomi Produktif Tahap Pertama

Padang Panjang, Padang-Today.com – Untuk Menunjang perekonomian masyarakat Kota Padang Panjang Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) salurkan dana zakat ekonomi produktif.

Advertisements

Dana yang berjumlah 443.400.000 ribu rupiah disalurkan kepada 192 Mustahik di Mesjid Asliyah Kota Padang Panjang, Rabu (7/3).Dari 192 mustahik tersebut, sebanyak 87 orang dari Kecamatan Padang Panjang Barat dan 105 orang dari Kecamatan Timur.

Pjs. Walikota Padang Panjang yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Drs. Emir Emil Elmaulid  mengatakan, Syukuri semua dana yang didapatkan, kembangkanlah dan pergunakanlah dengan sebaik-baiknya.

“Jangan hanya diambil lalu digunakan dan habis begitu saja, perbesarlah usaha yang kita buat, ” ujar Emil Emir Elmaulid.

Emir berharap semoga dana yang didapatkan dapat memperbesar usaha yang dilaksanakan oleh Mustahik.

Senada dengan Emir Ketua BAZNAS Aswir Rasidin mengatakan, ini merupakan dana zakat tahap pertama yang disalurkan di tahun 2018.

Dana Ekonomi produktif ini merupakan salah satu program dari BAZNAS sendiri yaitunya Program Padang Panjang Makmur, dimana dana ini keluar setiap sekali 3 bulan.

“Dana ini berhak diberikan kepada Mustahik yang memasukkan proposalnya, rekomendasi dari kelurahannya dan memang betul-betul orang yang ingin mengembangkan usahanya,” ujar Aswir.

Aswir juga menambahkan, setiap Mustahik nantinya akan menerima zakat tergantung usaha yang akan di laksanakannya.

“Bagi Mustahik yang usahanya berat seperti menjahit itu akan diberikan dana lebih, berbeda dengan Mustahik yang akan membuka usaha gorengan, tidak sebanyak yang menjahit tentunya, ” jelas Aswir.

Setiap Mustahik akan mendapatkan dana berkisar dari 1 juta rupiah sampai 5 juta rupiah.

Kedepannya BAZNAS Kota Padang Panjang akan menempelkan stiker disetiap rumah Mustahik, agar BAZNAS bisa melihat apakah dana ini digunakan dengan baik atau malah sebaliknya.

“Saya harap bagi penerima zakat agar dapat mempergunakan zakat nya dengan sebaik-baiknya nya, kalau hasilnya bagus nanti zakat yang diterima tentu akan bertambah pula,”tutup Aswir. (*).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*