BAZNAS Kota Pariaman Bangun Kantor

Wako Pariaman Mukhlis Rahman Peletakan batu petama bangunan kantor baznas

Advertisements

Padang-today.com___Walikota Pariaman Muhklis Rahman, didampingi Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman Syafinal Akbar, Rabu (2/5) melakukan peletakan batu pertama tanda dimulainya Pembangunan Kantor Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Pariaman yang berlokasi di Kelurahan Kampung Perak, Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman.

Peletakan ini dihadiri Ketua Baznas Provinsi Sumatera Barat Syamsul Bahri Khatib Kepala Kankemenag Kota Pariaman yang diwakilkan oleh Kasi Penyelenggaraan Haji Dan Umrah Amril, Ketua Baznas Kota Pariaman Humahyun Akbar

Mukhlis Rahman dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada pengurus BAZNAS Kota Pariaman dan umat Islam Kota Pariaman pada umumnya terhadap terselenggaranya peletakan batu pertama pembangunan kantor BAZNAS.

“Kehadiran sebuah gedung ini tidak hanya akan menampung keseluruhan aktifitas administrasi dan organisasi, akan tetapi seringkali ditemui kenyataan bahwa gedung kantor menjadi simbol kebanggaan yang mendalam”, ucapnya

Ia berharap dengan dibangunnya kantor BAZNAS di Kota Pariaman dapat meningkatkan kinerja pelayanan kepada para mustahiq serta tugas-tugas administrasi amil zakat lainnya.

“Pengelolaan zakat akan semakin baik dan profesional dan tepat sasaran juga mutlak dilakukan agar kelembagaan zakat mendapat kepercayaan penuh dari masyarakat, serta kesadaran umat untuk mengeluarkan zakat juga diharapkan akan semakin meningkat”, tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua BAZNAS Provinsi Sumatera Barat Syamsul Bahri Khatib mengatakan bahwa setelah Kota Padang,  Bukittinggi dan Dharmasraya, Kota Pariaman merupakan Daerah Kabupaten/Kota yang ke empat di Sumatera Barat yang mendirikan Kantor BAZNAS.

“Alhamdulillah, menjelang puasa dapat diletakkan batu pertama kantor BAZNAS di Kota Pariaman, ini adalah suatu Icon bagi kita dalam pengumpulan zakat di Sumatera Barat, serta dengan adanya Kabupaten/Kota punya kantor sendiri adalah suatu kebanggaan, sebab zakat ini memang harus dikembangkan dan harus disebarluaskan,” terangnya

Menurutnya, dengan didirikannya kantor BAZNAS diharapkan dukungan semua pihak seperti tidak kalah pentingnya peranan lurah dan kepala Desa dalam menyampaikan data-data yang akurat tentang muzaki dan mustahik di desa dan kelurahannya masing-masing.

Pada kesempatan yang sama Kemenag Kota Pariaman yang diwakilkan oleh Kasi Penyelenggaraan Haji Dan Umrah Amril menambahkan bahwa sejak dibentuknya BAZNAS di Kota Pariaman tahun 2009 petugas telah dibentuk dan bekerja dengan baik.

Ia berharap dengan terkumpulnya zakat yang banyak di Kota Pariaman dapat tersalurkan dan dapat didayagunakan oleh mustahik, sehingga secara berjenjang masyarakat Kota Pariaman yang kurang mampu menjadi berdaya dengan menjadi berdaya menjadi mandiri menjadi muzaki dengan diberikan zakat tersebut.

Sementara itu, dalam laporannya Ketua Baznas Kota Pariaman Humahyun Akbar menambahkan direncanakan pembangunan gedung BAZNAS ini dibangun dua tingkat dengan luas tanah 340 m2, dengan mengeluarkan biaya 1.8 M serta pengerjaan gedung kontraknya selama enam bulan.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*