BAZNAS Padangpariaman Lakukan Bedah Rumah Warga

PADANGPARIAMAN, PADANGTODAY.COM-Isak tangis bahagia terlihat dari wajah Rupmiati (45) seiring dimulainya program bedah rumah yang didukung oleh Pemerintah Daerah dan Badan Amal Zakat Nasional (BAZNAS) Kab. Padang Pariaman. Warga korong kampung Padang Nagari III Koto Aur Malintang, Kec. IV Koto Aur Malintang itu tak henti berucap syukur dan terima kasih kepada Bupati Ali Mukhni yang merespon proposal yang ia serahkan beberapa waktu lalu.

Advertisements

Diceritakannya bahwa rumah yang ia huni bersama orang tua, suami dan tiga orang anaknya telah hancur rata dengan tanah akibat gempa 30 september 2009 yang lalu.

Ia mengatakan bahwa rumahnya hancur rata dengan tanah akibat gempa 2009 yang lalu. Kemudian bersama suami dan bantuan masyarakat dibangun sebuah rumah yang terbuat dari kayu dan beralaskan tanah  yang terletak disebelah rumah orang tuanya. Karena semakin lapuk dan banyak atap yang bocor ia pun mencoba melapor ke Walinagari dan Camat untuk memohon bantuan bedah rumah dengan melampirkan foto-foto sebagai buktinya.

Tak lama kemudian, ia didatangi petugas dari Dinas Sosial dan BAZNAS untuk verifikasi sekaligus monitoring lokasi pembangunan rumah. Setelah itu rumah ukuran 7×10,5 meter mulai dibangun dengan menggunakan dana APBD sebesar 10 juta dan Bantuan BAZNAS sebesar 12,5 jt.

“Alhamdulillah, hari ini doa kami terwujud . Bahkan rumahnya lebih besar dari yang kami bayangkan” kata Rupmiati dikediamannya, Senin (7/8).

Bupati Ali Mukhni yang datang saat itu mengatakan program bedah rumah merupakan sebagai wujud nyata kepedulian pemerintah dalan menekan angka kemiskinan di nagari. Dengan segala keterbatasan, ia bersama DPRD berupaya menganggarkan program bedah rumah setiap tahunnya dan bersinergi dengan program BAZNAS.

Pada kesempatan itu suami dari Rena Sofia itu juga mengucapkan terima kasih atas kepedulian perantau dalam menyisihkan sebagian zakatnya untuk disalurkan melalui BAZNAS Padang Pariaman. Ditambahkannya bahwa baru-baru ini BAZNAS mendapatkan zakat dari perantau dari Kota Pekanbaru sebeaar 100 juta. Oleh karena itu segera disalurkan kepada yang berhak.

Ketika didesak siapa gerangan perantau yang telah menyelurkan zakatnya melalui BAZNAS, Ali Mukhni menjawab bahwa perantau tersebut adalah putra sungai geringging yang berdomisili di kota Pekanbaru.

“Yang jelas perantau sukses asal Sungai Geringging yang peduli dengan kampung halaman. Sekarang beliau berdomisili di Kota Pekanbaru” kata Bupati peraih Penghargaan BAZNAS Award 2015 itu.

Bapak tiga anak itu juga apresiasi masyarakat IV Koto Aur Malintang yang sato sakaki dalam membangun rumah Rupmiati dengan memberikan bantuan berupa semen, batu bata, pasir, besi dan lainnya. Terlihat telah tersusun rapi 100 sak semen bantuan masyarakat sekitar.

“Kami apresiasi dengan masyarakat yang menanamkan budaya gotong royong, barek samo pikua ringan samo dijinjing dalam membantu sesama warga. Saya merasa terharu sekali semoga membalas dengan pahala yang melimpah” kata Bupati yang didampingi Kabag Humas Hendra Aswara.

Pimpinan BAZNAS Samsuardi Surma mengatakan bahwa saat ini lembaganya telah melakukan program bedah sebanyak 15 unit hingga bulan september ini. Ia menargetkan lima unit rumah lagi untuk dilakukan bedah rumah di daerah Padang Pariaman.

“Kita punya target bedah rumah tahun 2015 ini sebanyak 20 unit. Telah terealisasi 15 unit dan tinggal lima unit lagi” kata Pensiunan PNS itu.

Ditambahkannya bahwa yang mendapatkan bantuan bedah rumah sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Rumah tersebut dikategorikan tidak layak dan tidak sehat. Seperti rumah beralaskan tanah, tidak ada kamar mandi dan WC, sanitasi, atap bocor, dihuni oleh balita dan lain sebagainya.

“Jika telah memenuhi syarat kita segera turun memberikan bantuan. Yang penting rumah itu dibangun diatas tanah milik yang bersangkutan” kata Mantan Kabag Pemerintahan Nagari itu.

Ia juga berharap lebih banyak lagi para perantau yang menyalurkan zakatnya melalui BAZNAS karena masih banyak masyarakat yang butuh uluran tangan baik bantuan pendidikan, kesehatan, bedah rumah, bencana alam dan lain sebagainya. Ia berjanji akan mengunakan dana BAZNAS sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Bagi perantau yang ingin berpatisipasi maka silahkan mengubungi langsung pimpinan BAZNAS,” terangnya.(eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*