Beasiswa SMART Ekselensia Indonesia Kembali dibuka

Para siswa SMART Ekselensia Indonesia di perpustakaan sekolah.

Para siswa SMART Ekselensia Indonesia di perpustakaan sekolah.

PADANG, PADANGTODAY.COM- Kabar gembira bagi siswa Sekolah Dasar yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan SMP (Sekolah Menengah Pertama) di seluruh Indonesia. Jejaring Program Pendidikan Dompet Dhuafa kembali membuka pendaftaran untuk beasiswa sekolah akselerasi tingkat SMP/SMA. Diterangkan Manager Program Pemberdayaan Dompet Dhuafa Singgalang, Riko Onki Putra, pendaftaran calon siswa baru angkatan XII SMART Ekselensia Indonesia tahun ajaran 2015/2016 dibuka hingga 24 Januari 2015.

“Kepada siswa-siswa cerdas di Sumbar yang memiliki keinginan besar untuk terus melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi namun terkendala biaya, segera daftarkan diri melalui Dompet Dhuafa Singgalang,” paparnya, Rabu (3/11).

SMART Ekselensia Indonesia merupakan sekolah bebas biaya, unggulan, berasrama dan akselerasi pertama di Indonesia. Diresmikan pada 29 Juli 2004 dengan lokasi terletak di Jalan Raya Parung KM 42-Bogor, Jawa Barat. Sekolah ini adalah salah satu jejaring divisi pendidikan Dompet Dhuafa, yang merupakan sekolah menengah setingkat SMP dan SMA khusus bagi siswa laki-laki lulusan sekolah dasar yang memiliki potensi intelektual tinggi namun memiliki keterbatasan finansial.

Persyaratan Umum beasiswa ini adalah berasal dari keluarga dhuafa (sesuai kriteria Dompet Dhuafa), laki-laki, lulus/tamat SD atau sederajat, usia maksimal 14 tahun pada 31 Juli 2015
Memperoleh izin dari orang tua/wali, memiliki prestasi akademik, dengan kriteria : rata-rata nilai rapor kelas IV-V minimal 7,0
tidak ada nilai 5 di dalam rapor.

Anak-anak yang sudah mendaftarkan diri harus bersedia mengikuti seluruh tahapan seleksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Berbadan sehat dan tidak memiliki penyakit menular. Tidak memiliki anggota keluarga yang sedang atau pernah mendapatkan beasiswa Dompet Dhuafa

Persyaratan khusus sebagai berikut. Mengisi formulir pendaftaran calon peserta seleksi nasional beasiswa SMART yang telah disediakan panitia.
Melampirkan fotokopi rapor kelas IV hingga V yang telah dilegalisasi oleh pihak sekolah asal. Melampirkan fotokopi ijasah/STTB/STK (bila belum ada dapat menyusul). Melampirkan fotokopi piagam penghargaan/sertifikat (bila ada). Melampirkan surat keterangan gaji atau penghasilan orang tua/wali atau anggota keluarga yang ikut menopang pendapatan keluarga. Surat ini juga dapat berasal dari pengurus RT/RW/kelurahan/desa dan atau pengurus masjid setempat.
Melampirkan surat pernyataan izin dari orang tua/wali untuk bersekolah di SMART Ekselensia sampai selesai. Melampirkan fotokopi rekening listrik 2 bulan terakhir (bila ada). Melampirkan fotokopi kartu keluarga. Pas Foto Calon Peserta ukuran 4 X 6 sebanyak 2 lembar.

“Sebarkan informasi ini kepada mereka yang membutuhkan, kontak person yang dapat dihubungi untuk informasi lebih lanjut adalah Antoni Saputra 085374728001, 087792441841 atau dapat langsung ke nomor Graha Kemandirian Dompet Dhuafa Singgalang 0751-40098,” tutup Riko. (w/can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*