Beberapa Cara Untuk Mengatasi Stres Menurut Para Ilmuwan

Ilustrasi stres

Ilustrasi stres

Advertisements

PADANGTODAY.COM– Stres membuat Anda tidak bersemangat dan mudah kehilangan fokus. Tubuh kita sebenarnya dirancang untuk menenangkan diri sendiri setelah mengalami shock, tetapi terkadang kita tetap tak bisa mengendalikannya. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi stres menurut para ilmuwan, seperti dilansir Daily Mail.

1. Mencuci tangan dengan air hangat
Ini secara alami dapat mengurangi stres yang Anda alami. Merendam salah satu bagian tubuh ke dalam air hangat dapat menenangkan sistem saraf parasimpatis.

2. Mendengarkan musik
Sebuah studi menunjukkan bahwa kombinasi dari vokalisasi dan getaran memiliki efek positif pada tekanan darah. Jadi, menyanyi dan bersenandung dapat membantu menurunkan kadar stres.

3. Membuat ekspresi wajah jelek
Stres membuat rahang menjadi tegang dan memicu sakit kepala. Biasanya orang akan mengerutkan kening dan mengerucutkan bibir karena stres. Untuk meredakan stres, Anda bisa melakukan sesuatu dengan wajah Anda seperti membuat ekspresi jelek atau tertawa sekeras-kerasnya.

4. Membuat coretan di kertas
Saat Anda merasa stres, Anda bisa menenangkan diri dengan membuat coretan tidak jelas di kertas. Cara ini cukup efektif untuk mengurangi tingkat stres dan membuat Anda sedikit lebih rileks.

5. Menyentuh bibir
Anda mungkin pernah merasa bahwa ketika Anda sedang stres Anda tiba-tiba ingin makan sesuatu. Percaya atau tidak, menyentuh bibir bisa menjadi cara yang efektif untuk menenangkan diri saat stres. Para ilmuwan mengatakan bahwa itu bisa menenangkan sistem saraf kita.

(des/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*