Bekasi Belajar Adipura dan Adiwiyata ke Payakumbuh

Kabut asap yang makin menebal di kawasan Tugu Adipura pusat kota Payakumbuh, diambil sekitar pukul 08.00 WIB, Senin.

Tugu Adipura

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Program sekolah berwawasan lingkungan di Kota Payakumbuh sudah berjalan lebih baik. Sepanjang tiga tahun terakhir, sudah tercatat 7 sekolah yang memperoleh penghargaan Adiwiyata Nasional. Satu di antaranya, gelar paling bergengsi,  Adiwiyata Mandiri Nasional yang direbut SMAN 2 Payakumbuh.

Sukses yang diraih Payakumbuh itu, membuka mata Dinas Pendidikan Kota Bekasi, untuk belajar ke Payakumbuh. Jum’at (22/1), rombongan Dinas Pendidikan Kota Bekasi itu, total 115  kepala sekolah dan anggota Dharmawanita Persatuan (DWP) itu, sampai di Payakumbuh. Rombongan ini dipimpin langsung oleh Kadis Pendidikan Bekasi Rudi Sabrudin dan Ketua DWP Ny. Rudi Sabrudin.

Di Payakumbuh rombongan tamu diterima tiga  pimpinan SKPD, yaitu Kadis Pendidikan H. Hasan Basri, Sy, Kepala BPMP-KB Yummardius, dan Kepala Lingkungan Hidup Syamsurial, dalam acara di Pondok Promosi di Medan nan Bapaneh, bersama Ketua TP-PKK Payakumbuh Ny. Hj. Dr. Henny Riza Falepi dan Ketua DWP  Ny. Dr. Merry Benni Warlis.

Di Payakumbuh, sebut Ketua TP-PKK Ny. Henny Riza Falepi dan Kadisdik Hasan Basri, program lingkungan hidup dan Adiwiyata, dikeroyok ramai-ramai. Tidak hanya tanggung jawab SKPD terkait, tapi melibatkan warga kota, stakeholders, serta kader PKK dan anggota DWP. Semuanya, bersinergi dalam menciptakan kehidupan bersih dan sehat. Setiap sekolah di kota ini, sudah punya bank sampah yang merupakan sumber keuangan sekolah dalam memproses persampahan.

Di SMAN 2 Payakumbuh, objek yang menjadi percontohan bagi rombongan tamu, diakui Ketua DWP Bekasi dan puluhan kepala sekolah, jauh lebih baik. Menurut Ny. Rudi Sabrudin, tata kelola lingkungan hidup dan persampahan di SMAN 2  jauh lebih maju ketimbang sekolah-sekolah di Kota Bekasi. “Kami mendapatkan pelajaran yang cukup berharga  di Payakumbuh. Kepala SMA N 2 Payakumbuh  Irma Takarina dan Kepala Lingkungan Hidup Syamsurial, sangat memahami dengan program Lingkungan Hidup,” kata Ny. Rudi.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*