Belum Ada Cakada Serahkan Persyaratan,Alkudri Konsultasi

Padang-today.com – Alkudri calon walikota Padang konsultasi dengan komisioner KPU soal persyaratan menjadi calon kepala daerah jalur perseorangan di Pilkada 2018.
“Saya mendatangi kantor KPU untuk konsultasi dengan komisioner apa persyaratan untuk pendaftaran cakada jalur perseorangan,”kata Alkudri ketika ditemui di KPU Padang.
Ia menjelaskan, kedatanganya ke KPU ingin berkonsultasi tentang persyaratan maju sebagai calon dari jalur perseorangan, sebab ia bersama timnya sudah mengupulkan sejumlah poto copy kartu tanda penduduk sebagai syarat dukungan untuk maju dari jalur perseorangan.
Sebelum penyerahan berkas persyaratan cakada jalur perseorangan harus lebih banyak konsultasi dengan Komisioner KPU.
“Selain ingin bersilaturahmi, Kita juga ingin konsultasi apakah yang sudah kita lakukan itu sesuai persyaratan pencalon dari perseorangan,”ungkapnya.
Sampai saat ini pihaknya telah mengumpulkan lebih kurang 60 ribu potocopy KTP yang disertai peryataan dukungan dan dibuktikan dengan tanda tangan basah oleh masyarakat.
Dukungan ini menyebar di seluruh kecamatan Kota Padang
“Ini akan dibawa dan diserahkan ke KPU pada Rabu (29/11) sekitar pukul 16.00 WIB,”jelas Alkudri.
Sementara itu Koordinator Divisi Teknis KPU Padang, Chandra Eka Putra membenarkan Alkudri datang ke KPU untuk konsultasi dengan komisioner.
“Hanya Alkudri saja yang datang untuk konsultasi dengan komisioner KPU Padang,”katanya.
Ia menjelaskan, hingga saat ini belum ada cakada jalur perseorangan menyerahkan persyaratan dukungan ke KPU.
KPU resmi membuka penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon dari unsur perorangan untuk Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota pada 2018 mendatang. “Walaupun sudah dibuka namun belum ada menyerahkan,”ungkapnya.
Tahapan penyerahan syarat dukungan pasangan calon perseorangan atau independen ini berlangsung lima hari yaitu mulai Sabtu 25 hingga 29 November 2017 setiap jam kerja mulai dari pukul 08.00 s/d 16.00 WIB. Tapi khusus hari terakhir, KPU akan menerima berkas pencalonan perseorangan sampai pada pukul 24.00 WIB.
“Jika lewat dari jadwal tersebut, dengan terpaksa berkas dukungannya tidak diterima lagi,”jelas Chandra.
Ia menyatakan,KPU Kota Padang menetapkan persyaratan pengumpulan dukungan Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk calon perseorangan yakni sebanyak 41.116 buah.
“Angka ini 7,5 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pemilihan gubernur Sumatera Barat tahun 2015 lalu yang berjumlah sebanyak 548.213 orang,”katanya.
Ia menjelaska syarat ini harus tersebar lebih di separuh kecamatan atau 6 dari 11 kecamatan yang ada di Kota Padang.
“Walaupun KTP yang dikumpulkan sudah memenuhi jumlah yang ditentukan yakni 41.116 lembar, namun jika misalnya hanya terdapat di dua kecamatan saja atau di bawah enam kecamatan, maka berkas dukungan itu akan kita kembalikan untuk diperbaiki. Perbaikan berkas dilakukan selama kurun waktu penyerahan syarat dukungan perseorangan dibuka, yakni pada 25 sampai 29 November 2017,”ungkapnya.
Nanti setelah KPU Kota Padang menerima jumlah dukungan minimal serta daerah sebaran dukungan pasangan calon perseorangan, maka berkas dukungan itu akan diverifikasi.
Ada tiga jenis verifikasi syarat calon perseorangan, pertama verifikasi jumlah minimal dukungan dan sebaran yang akan dilaksanakan pada 25 sampai 1 Desember 2017.
Kedua verifikasi administrasi yang akan dilakukan pada 25 November sampai 8 Desember 2017.
Ketiga verifikasi faktual dengan metode sensus yang dilakukan KPU Kota Padang dibantu oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), dimana petugas menemui langsung setiap pendukung calon yang menyerahkan KTP-nya yang akan dilakukan pada 12 sampai 25 Desember 2017.

Advertisements

“Jika nanti ada paslon perseorangan yang menyerahkan dukungan misalnya sebanyak 60.000 lembar KTP, maka petugas kita akan mendatangi satu per satu dari 60.000 orang tersebut, apa benar dia memberikan dukungan atau tidak. Jika tidak maka akan kita coret,”imbuh Chandra.(der)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*