Belum Ada Pengaduan Masyarakat

     Padang-today.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar belum menerima pengaduan masyarakat terkait masa uji publik terhadap Daftar Calon Sementara (DCS) yang telah diumumkan lembaga penyelenggara pemilu.

Advertisements

“Sampai saat ini belum ada tanggapan atau saran yang disampaikan masyarakat terkait Daftar Calon Sementara (DCS) DPRD Sumbar. Pengumuman DCS ‎sudah dilakukan sejak Minggu (12/8/2018),”kata
Komisioner KPU Sumbar, Gabriel Daulay

    Ia menjelaskan, KPU setempat telah mengumumkan DCS bakal calon legislatif untuk Pemilu 2019 melalui media massa cetak, elektronik dan online lokal, provinsi dan nasional.

“Untuk itu diminta masukan masyarakat terkait DCS ini, sebelumnya lembaganya menetapkan daftar calon tetap (DCT),”ujarnya.

   KPU Sumbar memberikan waktu cukup banyak bagi masyarakat yang ingin menaggapi DCS ini. Sesuai jadwal tanggapan ditunggu hingga tanggal 21 Agustus mendatang.

    “KPU masih memberikan waktu bagi masyarakat menyampaikan laporan soal DCS hingga 21 Agustus 2018,”jelas Gabril Daulai.

    Ia menyatakan, tanggapan masyarakat tersebut diberikan secara tertulis disertai dengan identitas diri berupa E-KTP.

“Tanggapan yang disampaikan harus jelas dan disertai penjelasan yang mendukung. Warga bisa langsung mendatangi Kantor KPU Sumbar di Jalan Pramuka, Kota Padang jika untuk penyampaian tentang daftar yang telah disusun,”katanya.

     Ia menjelaskan, bila mana ada tanggapan masyarakat masuk kek KPU nantinya akan diteruskan ke parpol.

    KPU memberikan waktu 22-28 Agustus 2018 untuk menanggapi hasil tanggapan dari masyarakat,”ujarnya.

     Kewajiban partai politik untuk menyampaikan hasil klarifikasi tersebut kepada KPU bisa dimulai 29-31 Agustus mendatang.

    Selanjutnya KPU akan memutuskan apakah bacaleg yang mendapatkan tanggapan diganti atau tidak. Mengingat pentingnya peran tanggapan dalam DCS bacaleg tersebut ia berharap tanggapan yang disampaikan benar-benar memiliki dasar dan bukti.

     “Karena ini berdampak terhadap kelanjutan pencalonan bacaleg tersebut. Jadi tak boleh asal dalam menyampaikan tanggapan,” jelas Gabril

    Gabril menambahkan,hasil tanggapan ini akan disampaikan 1-3 September depan kepada masing-masing parpol. Pergantian harus dilakukan jika tanggapan memberatkan bacaleg.

     “Ya kalau menurut masyarakat tak pantas ya kami akan ganti,” tutupnya.

     Sementara itu Izwaryani Komisioner Divisi Teknis KPU Sumbar, menyatakan, KPU sudah menetapkan DCS pada Sabtu (11/8) dan sudah diserahkan pada parpol.

“DCS ditetapkan tetsebut telah diumumkan pada media. Jumlah bacaleg di Sumbar sebanyak 875 orang dimana laki-laki sebanyak 543 dan perempuan 332 bacaleg, TMS sebanyak 74 orang,”katanya.(der)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*