Bemo Nostalgia di Bukittinggi

#Febby Dt Bangso Nan Putiah

Advertisements

#selaludihati
Ah, siapa yang tak kenal kendaraan beroda tiga ini? Jika anda lahir diatas periode 90-an mestinya tentu tahu bahwa bemo pernah menjadi kendaraan umum yang populer di Bukittinggi periode akhir 70-an hingga pertengahan tahun 90.

Kendaraan yang muncul dari ide Jepang setelah terjadi stagnasi akibat perang pasca perang dunia kedua dulu. Mahal dan sulitnya bahan baku industri logam pada saat itu memaksa para industrialis memutar otak bagaimana caranya untuk menciptakan kendaraan yang compact, murah, efisien dan dapat didistribusikan keseluruh penjuru dunia pada waktu itu.

Ternyata hanya Daihatsu-lah yang berhasil menterjemahkan situasi itu dengan menciptakan apa yang mereka sebut dengan keijidosha car (mobil compact dan ringan).

Nah, istilah Jepang ini pada akhirnya disesuaikan dengan istilah lokal tempat penggunaan kendaraan unik beroda tiga yang merupakan mix concept antara sepeda motor dengan mobil. Kelebihannya selain harganya murah (karena CC-nya juga kecil) kendaraan ini juga lincah keluar masuk jalanan sempit di gang-gang perkotaan hingga perkebunan diberbagai tempat diseluruh dunia.

Di India nama kendaraan ini disebut dengan bajaj, di Amerika serta Inggris kendaraan ini dinamakan Daihatsu Tri-mobile, sementara di Indonesia kita tahu namanya adalah Bemo.

Satu kenangan kini telah hilang dari sudut kota Bukittinggi, perlukah kita bangkit lagi memori ini untuk mengenang zaman indie tersebut? Menurut saya, tidak ada salahnya kita tempatkan sebuah replika Bemo di Pasar Banto untuk nostalgia bagi kita. ‪#‎betterbukittinggi. ‪#‎FebbyForBukittinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*