Bencana Tanjuang Sani, Pemko Pariaman Serahkan Bantuan Kemanusian

Advertisements

Padang-today.com__Pemerintah Kota Pariaman, Sumbar, serahkan bantuan kemanusian di Jorong Galapuang, Nagari Tanjuang Sani, Kecamatan Tanjuang Raya, Agam, Senin 25-11-2019.

Rombongan berangkat dari kantor balaikota sekitar pukul 11.45 Wib sampai di Agam pukul 15.00 Wib disambut langsung oleh pemerintah setempat.

“Rasa kepedulian yang kami lakukan terhadap kepada masyarakat Tanjuang Sani, Agam dengan menyerahkan bantuan uang senilai Rp 25 juta dan bentuk sembako, beras, Indomie, pakaian dan lain-lainnya,” kata Walikota Pariaman Genius Umar yang diterima langsung Sekdakab Agam, Martias Wanto.

Genius menyebutkan, bantuan kemanusian itu adalah sebagai bentuk kepedulian untuk mengurangi beban yang dialami oleh warga Tanjuang Sani.

Pihaknya yang tergabung dalam Forkopimda Kota Pariaman pada hari ini, jelasnya, mengunjungi daerah yang dampak dari bencana tersebut dengan menyerahkan bantuan kemanusian.

“Kota Pariaman dengan daerah Agam mempunyai kesamaan dalam zona rawan bencana. Untuitu, pihaknya sangat peduli dengan hal seperti ini,” kata dia.

Ia menghimbau, belakangan ini cuaca didaerah itu sangat mengkhawatirkan. Untuk itu, warga agar dapat waspada untuk mengadapi iklim cuaca tersebut.

“Bagi warga yang berada dipinggang pinggang bukit untuk dapat waspada, Seandainya sudah masuk siaga satu, untuk dapat mengungsi dari daerah itu,” kata balon wakil gubernur yang digadang gadangkan maju dari jalur Independen.

Diketahui, Banjir bandang menerjang Nagari Tanjung Sani, Kabupaten Agam, Rabu malam (20/11/2019).

Dalam insiden ini, dua rumah hanyut dan 12 lainya mengalami kerusakan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam menyebutkan, banjir bandang ini bermula dari curah hujan tinggi di wilayah Jorong Galapung, Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Rabu malam pukul 19.00 WIB.

Data yang dihimpun BPBD, dua rumah hancur akibat diterjang banjir bandang. Selain itu, akses jalan sepanjang 200 meter tertutup material lumpur dan batu dengan ketinggian lebih kurang 3-5 meter. (herry suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*