Bentuk Kesiapan Menghadapi Bencana, Kodim 0319/Kep. Mentawai Gelar Latihan

Bentuk Kesiapan Menghadapi Bencana, Kodim 0319/Kep. Mentawai Gelar Latihan

Bentuk Kesiapan Menghadapi Bencana, Kodim 0319/Kep. Mentawai Gelar Latihan

Kepulauan Mentawai, PADANG-TODAY.com-Komando Distrik Militer (Kodim) 0319 Mentawai ditunjuk Korem 032/Wirabraja sebagai penyelenggara kegiatan latihan penanggulangan bencana (Latihan Posko I) di Makodim 0319/Mentawai, Rabu (1/6). Latihan Posko I dimaksudkan sebagai latihan dalam mengasah kerja sama dan koordinasi, serta prosedur hubungan kerja Komandan dengan stafnya.

Kegiatan latihan ini secara resmi dibuka oleh Kepala Seksi Logistik (Kasilog) Korem 032/Wbr Kolonel Inf Sainul Alam. Disebutkan Kasilog, kegiatan posko penanggulangan bencana bertujuan mengantisipasi wilayah Sumbar khususnya Kepulauan Mentawai yang rawan bencana alam.

Program Latihan Posko I ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun. Namun tidak semua Kodim menjadi pelaksana kegiatannya, karena antisipasi kebencanaan diprioritaskan kepada wilayah-wilayah rawan bencana alam. Dalam hal ini setiap Kodim yang ditunjuk sebagai pelaksana dilakukan secara bergilir, bukan hanya di satu kodim.

“Soal bencana bukan hanya gempa dan tsunami saja, Latihan posko penanggulangan bencana tersebut diutamakan kepada staf TNI AD, khususnya Kodim 0319 Mentawai. Pada tahap pelaksanaan ketika terjadi bencana, penunjukan Komando sesuai dengan perintah dari Kepala Daerah setempat yang akan menunjuk,” kata Sainul Alam yang merupakan keturunan Manado itu..

Diselenggarakannya posko tersebut bertujuan untuk memperlancar operasi seperti kesiagaan dan evakuasi. Sehingga, aparat tidak kewalahan lagi saat terjadi bencana.

“Bak pepatah, sedia payung sebelum hujan. Posko inilah sebagai tempat berkoordinasi,” tambah Korem.

Sementara, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0319 Mentawai, Letkol. Arh. Fithrizal Setiawan mengatakan Latihan Posko I sekaligus melatih hubungan komunikasi antara komandan dengan staf. Juga dapat berkoordinasi dengan pihak terkait ketika bencana terjadi.

Latihan Posko I penanggulangan bencana wajib dilakukan dengan koordinasi bersama BPBD Mentawai, Basarnas, Polres Mentawai, PMI, pemerintah setempat dan masyarakat. Kegiatan latihan Posko ini diaplikasikan kepada semua pihak yang terkait ketika terjadi bencana. Karena, daerah Mentawai dalam penelitian merupakan daerah rawan bencana. Karena itu, pemerintah harus lebih membuat persiapan.(rel/dsp)

2 comments

  1. Kejadian bencana alam tak terelakkan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, karena itu upaya edukasi mitigasi terutama di daerah rawan diperlukan. Disisi lain adalah nilai sosial menggerakan nurani untuk ikut memberikan bantuan kepada mereka yang terkena musibah bencana

  2. Baik. Terima kasih sudah membaca di situs kami. Ikuti terus Padang-Today.com untuk informasi aktual seputar Sumatera Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*