Berikut Ini Gejala Darah Tinggi Yang Wajib Diwaspadai

darah-tinggiPADANGTODAY.com – Ada banyak faktor yang mempengaruhi tekanan darah. Beberapa di antaranya adalah usia, sejarah kesehatan keluarga, obesitas, aktivitas fisik, kebiasaan merokok, dan konsumsi alkohol. Jika faktor-faktor ini dan tekanan darah tak segera disadari, akan memicu banyak masalah kesehatan seperti gagal ginjal, penyakit jantung, dan stroke.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah masalah kesehatan yang terlihat sepele karena sudah dialami oleh banyak orang. Namun masalah kesehatan ini bisa berbahaya untuk kesehatan, bahkan bisa memicu banyak penyakit yang lebih serius. Yang lebih berbahaya, seringkali tekanan darah tinggi tidak disertai dengan gejala hingga bertahun-tahun.

Untuk itu, sangat penting mengenali gejala-gejala tekanan darah tinggi sebelum penyakit ini menjadi semakin serius. Berikut adalah beberapa gejala darah tinggi yang wajib diwaspadai, seperti dilansir oleh Boldsky (15/09).

1. Sakit kepala
Ketika tekanan darah berada di atas 180/110 mmHg, Anda bisa mengalami sakit kepala. Namun sakit kepala biasanya tak muncul pada kondisi hipertensi yang ringan. Sakit kepala yang terus-menerus adalah gejala dari tekanan darah yang melonjak naik, keadaan yang lebih serius dari hipertensi ringan.

2. Mimisan
Mimisan juga merupakan tanda dari tekanan darah tinggi pada tahap awal. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi dan mengalami mimisan tiba-tiba dan sulit dihentikan, lebih baik segera temui dokter dan periksakan diri.

3. Titik darah pada mata
Jika Anda mendapati ada titik darah pada bola mata, sebaiknya waspadalah. Titik darah tersebut bisa jadi pembekuan darah akibat hipertensi. Ketika memeriksakan diri ke dokter, coba minta dokter untuk memeriksa tekanan darah Anda, sebelum menghilangkan titik darah pada mata.

4. Mati rasa
Mati rasa atau rasa kesemutan bisa menjadi tanda awal dari stroke yang disebabkan oleh meningkatnya tekanan darah. Hipertensi yang tak segera dikontrol bisa menyebabkan kerusakan saraf yang memunculkan gejala ini!

5. Mual dan muntah
Tanda lain dari tekanan darah tinggi adalah mual dan muntah. Meski mual dan muntah bisa terkait dengan penyakit dan masalah kesehatan lainnya, namun ada yang membedakan jika mual dan muntah disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Biasanya seseorang juga akan mengalami pandangan yang kabur dan napas yang pendek-pendek.

6. Pusing
Rasa pusing disertai dengan kepala yang terasa ringan dan vertigo juga bisa menjadi gejala dari tekanan darah tinggi. Gejala semacam ini tak boleh diabaikan, terutama jika muncul secara tiba-tiba. Sementara itu, rasa pusing dan vertigo yang disertai dengan kesulitan berjalan dan pingsan bisa menjadi gejala awal dari stroke.

Itulah beberapa gejala tekanan darah tinggi yang sebaiknya diwaspadai. Jangan remehkan gejala-gejala di atas, meski seringkali hampir mirip dengan gejala penyakit lain. Jika banyak mengalami gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*