BERKAS ADMINISTRASI DIPERIKSA, BALON DPD BELUM AMAN

Advertisements

     Padang-today.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar melakukan pemeriksaan berkas administrasi dokumen syarat dukungan ke-26 bakal calon (balon) DPD-RI dapil Sumbar sudah menyerahkan berkas dukungan.

     “Pemeriksaan administrasi sudah dimulai 27 April hingga 10 Mei 2018,”kata Komisioner Divisi Hukum KPU Sumbar, Nurhadi Yetty di Padang.

Saat ini sudah masuk dalam proses verifikasi administrasi. Seluruh dokumen dari 26 bakal calon DPD Sumbar yang sudah KPU Sumbar terima selanjutnya dilakukan penelitian administrasi satu persatu dokumen.

      “Ada beberapa syarat dari verifikasi administrasi tersebut jika dalam penelitian administrasi belum memenuhi syarat, maka akan dikembalikan untuk diperbaiki sesuai dengan peraturan KPU yang ada,”jelas Nurhaida Yetty.

    Nurhaida Yetty menambahkan, setelah masa pemeriksaan administrasi berkas dukungan nantinya akan ada masa perbaikan. Masa perbaikan ini mulai 14 hingga 20 Mei 2018.

       Dari pantuan di aula KPU Sumbar,seluruh staf KPU terlibat dalam proses pemeriksaan administrasi balon DPD–RI,juga ikut komisioner KPU Sumbar.

     Sementara itu, Koordinator divisi pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Sumbar,Vifner menyatakan dari pengamatan Bawaslu Sumbar,proses penerimaan dokumen syarat dukungan yg dilakukan KPU Sumbar bisa dikatakan untuk sementara ini masih berjalan sesuai rencana atau aturan.

    “Dari pantau kami sejak hari pertama pembukaan masa penyerahan dokumen dukungan dari bakal calon Minggu (22/4)  hingga hari terakhir penyerahan berkas Kamis (26/4) malam. Bahkan saat dimulainya proses verifikasi administrasi syarat dukungan bakal calon perseorangan itu,” katanya.

       Dia mengatakan pengawasan dan pemantauan Bawaslu terhadap rangkaian proses penerimaan bakal calon DPD itu dilakukan secara ketat.

       “Kami ingin proses pencalon balon anggota DPD-RI sesuai dengan tahapan dan peraturan yang ada,”ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*