Bermain Di Luar Rumah Untuk Waktu Yang Singkat Dapat Menyehatkan Mata

ILUSTRASI

ILUSTRASI

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Duduk di depan TV dan bermain video game selama berjam-jam bisa membuat mata jadi tidak sehat. Penelitian terbaru yang diterbitkan oleh Universitas Ulster pekan lalu, menemukan bahwa masalah rabun jauh di kalangan anak muda telah meningkat dua kali lipat selama 50 tahun terakhir.

Dua puluh tiga persen remaja Inggris antara usia 12-13 tahun kini menderita miopia, istilah medis untuk rabun jauh. Di negara-negara di Asia Timur, kondisi itu menjadi lebih buruk. 90 persen anak sekolah di China mengalami miopia.

“Kondisi ini (miopia) disebabkan kurangnya sinar di siang hari. Dopamin, senyawa kimia dalam otak, penting untuk pertumbuhan mata yang sehat dan itu dirilis di retina siang hari,” jelas David Allamby, dokter mata dan direktur medis dari klinik mata Focus di London.

Penelitian ini menunjukkan bahwa bermain di luar rumah untuk waktu yang singkat dapat menyehatkan mata. Salah satu studi di China mengungkapkan bahwa berada di luar rumah selama 40 menit dapat mengurangi risiko miopia pada anak.

Ashwin Reddy, dokter spesialis mata di Rumah Sakit Mata Moorfields dan Rumah Sakit Portland, mengatakan kepada Daily Mail (22/4): “Selama lima tahun terakhir, saya telah menasihati pasien saya untuk menghabiskan lebih banyak waktu di luar untuk membantu kesehatan mata mereka. Hal itu dapat mencegah perkembangan miopia.”

(des/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*