Bersepeda Pagi Hindari Kerapuhan Tulang

 

Wakil Gubenur Sumbar Muslim Kasim sangat gemar berolahraga.

Wakil Gubenur Sumbar Muslim Kasim sangat gemar berolahraga.

Padang, PADANGTODAY.COM -Kesadaran menjaga kesehatan dan kebugaran perlu diingatkan kepada semua orang, mari meninggalkan cara hidup yang salah.
“Untuk itu saya himbau kepada kita semua, lebih baik bekerja subuh daripada bekerja larut malam, lebih baik berolahraga rutin daripada berolaraga sekali tapi all out, makan sedikit tapi teratur jauh lebih menyehatkan daripada sekali makan langsung banyak, dan seberapa banyak uang yang kita peroleh waktu sehat tidak ada artinya ketika kita sakit,” ujar Muslim Kasim, Wakil Gubernur Sumbar usai melaksanakan bersepeda rutin, Rabu (13/8)

Diungkapkan Muslim Kasim, bersepeda pagi hari, mulai jam 04.00 – 06.00 sangat baik bagi jantung. Sinar matahari pagi pukul 06.00 – 09.00 sangat baik bagi kulit. Di atas pukul 10.00 hingga pukul 15.00 tidak baik berjemur di bawah matahari karena bisa bikin gosong.

“Mungkin kita sering dengar bahwa sinar matahari bisa menyempurnakan vitamin D pada tubuh kita. Benarkah demikian? Kulit, sebagai benteng pertahanan tubuh yang terdepan berperan dalam perubahan zat lemak tertentu menjadi vitamin D oleh sinar UV matahari. Vitamin D ini pun sangat penting bagi tubuh kita dalam proses penyerapan kalsium dari makanan yang kita cerna sehari-hari,” jelasnya.

Lebih jauh Muslim Kasim merinci, ketika sinar ultraviolet dari matahari disaring oleh kulit kita, sinar itu lalu mengubah kolestrol yang terdapat pada tubuh kita menjadi vitamin D selanjutnya otak dan tubuh memberikan sinyal kepada kolestrol dalam darah untuk keluar menuju kulit sehingga kadar kolestrol dalam darah dapat dikontrol dengan baik. 5 menit berjemur dibawah sinar matahari pagi kita akan mendapatkan 400 unit vitamin D.

“Dengan bertambahnya vitamin D yang diserap dari sinar matahari, maka meningkat pulalah penyerapan kalsium di tubuh kita. Hal inilah yang dapat membentuk dan memperbaiki tulang kita. selain itu peningkatan kalsium di tubuh kita,” imbuhnya.

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa sinar matahari dapat mengencangkan otot dan menyehatkan jantung. Sinar matahari pagi juga dapat mengurangi depresi karena sinar tersebut melepaskan endorfin yang berfungsi sebagai anti depresi alami dan sangat bermanfaat untuk kasus depresi musiman. (can/gus)