Besok, Dua Pasang Cakada Kampanye Waktu Bersamaan

    Padang-today.com – Dua pasang calon walikota/wakil walikota Padang melakukan kampanye akbar di waktu sama.

Advertisements

“Kami telah menetapkan jadwal kampanye yang akan dilaksanakan pada Sabtu, (23/6),”kata Ketua KPU Padang,Muhammad Sawati di Padang.

Muhammad Sawati mengungkapkan bahwa pasangan calon nomor urut 1, Emzalmi-Desri Ayunda akan melaksanakan kampanye terbuka di lapangan Imam Bonjol Padang.

“Di hari yang sama pasangan calon nomor urut 2, Mahyeldi Ansharullah-Hendri Septa juga akan melakukan kampanye terbuka di GOR Agus Salim,”ujarnya.

     Ia menyatakan, pasangan calon kepala daerah untuk tetap menjaga kondusivitas selama masa kampanye.

“Mereka akan menangkal sejak dini ragam potensi yang bakal mengusik kedamaian di Padang,”katanya.

    Ia menjelaskan, selama kampanye ini, KPU melarang paslon maupun timses paslon menggunakan isu yang menyinggung suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

   “Mengenai kampanye paslon, KPU telah membuat aturan yang tercantum dalam Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2017 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan atau Walikota dan Wakil Walikota,”ungkapnya.

    Selain tidak boleh menyinggung SARA,tambahnya para paslon juga harus menjunjung tinggi pelaksanaan Pancasila dan UUD 1945, menjaga dan meningkatkan moralitas nilai-nilai agama serta jati diri bangsa, dan sebagainya.

    “Kemudian pada Pasal 13 PKPU Nomor 4/2017 dijelaskan materi kampanye paslon wajib memuat visi, misi, serta program yang disusun berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Provinsi atau Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kabupaten/Kota. Materi kampanye tersebut dapat disampaikan secara lisan maupun tertulis kepada masyarakat,”jelas M.Sawati.

    Ia menambahkan, adapun pelarangan penggunaan isu SARA itu tercantum dalam Pasal 17 beleid tersebut.

Di sana dijabarkan tentang sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi dalam materi kampanye yang akan disampaikan.

    Sementara itu Kabag.Ops Polresta Padang,Kompol Ediwarman membenarkan pada 23 Juni 2018 akan ada kampanye Pilkada dilakukan dua pasangan cakada.

“Mereka kampanye di waktu sama namun di lokasi berbeda,yakni paslon nomor 1 kampanye di Lapangan Imam Bonjol dan paslon nomor  2 di Gor H Agus Salim Padang,”katanya.

     Untuk pengamanan sata kampanye dilakukan kedua pasangan calon kepala daerah, Ediwarman menyatakan Polresta Padang telah menyiapkan 700 orang personel polisi untuk pengamanan Pilkada.

    “Pengamanan selain dari pihak kepolisian,juga di bantu dari TNI berjumlah 130 orang,”ujarnya.

    Dia menambahkan ada dua titik lokasi kampanye,maka dibagi dua dimana satu titik ditempatkan 400 orang.

“Nantinya juga ditempat personel polisi setiap persimpangan guna antisipasi kemacetan arus lalulintas saat bubar kampanye,”imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*