BIM Berlakukan GeNose 1 Mei, Biaya Rp40.000

Padang-today.com –  Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Ketaping Kabupaten Padangpariaman,Sumbar mulai memberlakukan  layanan tes GeNose C-19, pada calon penumpang.

Advertisements

“Layanan tes GeNose C-19 mulai diberlakukan 1 Mei 2021,”kata Fendrick Sonda Humas Angkasa Pura II Cabang BIM Ketaping saat dihubungi.

Menurut dia, keberadaan layanan GeNose C-19 di Bandara ini merupakan layanan pemeriksaan kesehatan tambahan sebagai alternatif bagi calon penumpang pesawat udara dalam melengkapi dokumen persyaratan perjalanannya, selain layanan rapid tes antigen dan RT-PCR yang telah ada sebelumnya. Untuk biaya layanan tes GeNose sebesar Rp40.000.

“Penggunaan GeNose C19 sebagai salah satu dokumen untuk melakukan perjalanan ini mengacu pada Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 26 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara Dalam Masa Pandemi Covid-19 dan Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 12 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Covid-19,”jelas dia.

Untuk layanan tes GeNose dilakukan lokasi bandara.  Bagi calon penumpang yang akan menggunakan layanan tes GeNose C-19, diimbau untuk tiba di lokasi layanan yang berada di selasar bandara setidaknya 2 jam sebelum keberangkatan guna menghindari antrian saat tes.

“Selain itu, calon penumpang dilarang makan atau minum (kecuali minum air putih) dan tidak merokok 30 menit sebelum melakukan tes GeNose C19,”jelas Fendrick.

Dia menyatakan, pelaksanaan GeNose C19 ini sepenuhnya dilakukan Kimia Farma.

Untuk layanan GeNose  disiapkan beberapa unit mesin pemeriksaan, 300 kantong sampel pemeriksaan, hepa filter 1.000 pcs, 3 bilik, enam orang tenaga kesehatan. Layanan GeNose dibuka mulai pukul 07.00 WIB.

Dia menambahkan, guna mengantisipasi pemakaian barang bekas, harus dicek lagi berapa barang terpakai dengan sisa.

“Barang terpakai langsung dimusnahkan petugas guna mencegah pemakaian barang bekas,”ujar dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*