BKD Agam Kembali data PNS

AGAM, PADANGTODAY.COM-Selasa (1/9), Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Agam mulai melakukan Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil (PUPNS) Elektronik melalui kepala unit kerja dilingkungan Pemerintah Kabupaten Agam, Selasa (1/9).

Advertisements

Kegiatan ini dilakukan berdasarkan UU no 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara, dan Perka BKN no 19 tahun 2015 tentang pedoman pelaksanaan PUPNS secara elektronik, kemudian surat edaran Kepala BKN No.K.26-30/V77-4/99 tanggal.27 Juli 2015 tentang implementasi e-PUPNS.

Kepala BKD Kabupaten Agam, Dafrines, mengatakan, bahwa e-PUPNS tahun 2015 ini dilakukan pada seluruh PNS berdasarkan amanat dari pemerintah pusat melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD), yang harus dilaksanakan pendaftaran pada tanggal 1 September hingga 30 November 2015, dan untuk verifikasi data sampai tanggal 31 Desember 2015.

“Pemerintah melakukan itu, untuk melihat seberapa jauh kebenaran data masing-masing PNS dan akurasi datanya sedetil mungkin, supaya nanti BKD bisa mempermudah pelayanan administrasi kepegawaian kedepannya”, kata Dafrines.

Dikatakan Dafrines, karena program ini dilakukan secara nasional maka Pemkab Agam perlu mengambil langkah-langkah persiapan. Persiapan yang telah dilakukan yaitu pelatihan bagi operator termasuk verifikator disetiap unit kerja. Untuk mengawal pelaksanaan itu, kepada kepala unit kerja dan Kepala SKPD sudah dilaksnaakan sosialisasi dalam bentuk teknis maupun dalam bentuk pemanduan yang dilakukan disetiap unit kerja.

“Hal ini sangat diperlukan sekali diikuti PNS. kita wajib mengawal, dengan cara kepala unit kerja memberikan pemanduan, berikan perhatian secara kusus, dan Pemkab Agam telah perintahkan siapkan unit-unit komputer disetiap lini terdepan”, katanya.

Dengan hal itu, mereka bisa mendata di unitnya dan dipandu oleh operator yang telah diberikan pelatihan. Dismping itu, kepala unit kerja nya memastikan apakah mereka diunit kerjanya itu sudah melakukan pendataan ulang atau belum.

Dafrines menjelaskan, program yang dilakukan ini sangat berdampak pada masa depan pegawai, kalau mereka tidak terdata, maka mereka terdapat kesulitan dalam seksi kepegawaian, seperti kenaikan pangkat, dan hak-hak kepegawaian lainnya.

Program ini dilakukan secara eloktronik, PUPNS bisa dilakukan melalui hp, laptop, portal, dan lainnya yang punya akses internet.

“Mudah-mudahan pelaksankaaan e-PUPNS ini bisa selesai dalam waktu yang singkat, sebab masih ada langkah berikutnya untuk memferifikasi data tersebut. Tentunya kita menghimbau, secepatnya setiap unit kerja melakukan pendataan ulang, dan secepatnya juga memferifikasi sehingga kita bisa menyelesaikan tugas ini csecara baik tepat dan benar”, harapnya. (AP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*