BMKG Harapkan Kerjasama Pemerintah Dalam Informasi Iklim

Foto Ilustrasi Cuaca/Iklim Ekstrim

Foto Ilustrasi Cuaca/Iklim Ekstrim

Advertisements

Padang-today.com__Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sicincin, Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, berharap publikasi informasi yang disampaikan pihaknya dapat ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah hingga ke tingkat masyarakat.

“BMKG telah memiliki program penyebarluasan informasi terkait iklim, cuaca dan sebagainya sejak 2010 melalui buletin curah hujan yang diterbitkan setiap bulan,” kata Kepala BMKG Sicincin, Heron Tarigan, di Pariaman, Selasa 25-10-2016.

Ia mengatakan tujuannya yaitu agar pemerintah dapat mengetahui serta menyebarluaskan kepada instansi terkait dan masyarakat terkait kondisi iklim secara nasional khususnya Sumbar.

Tarigan menjelaskan, berbagai informasi tersebut dapat berguna seperti di bidang kesehatan, pertanian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pendidikan dan lain sebagainya.

Bentuk publikasi informasi tersebut, kata dia,  berupa buku yang disalurkan setiap bulannya mengenai prediksi perubahan cuaca, dan iklim selama tiga kedepan.

Ia menilai dengan disalurkan atau disampaikannya kepada instansi dan masyarakat, akan berdampak positif terutama di sektor pendidikan, pariwisata, BPBD, dan pertanian.

Sebagai contoh para petani bisa mengetahui perkiraan kapan musim bercocok tanam dilakukan, sehingga risiko gagal panen bisa diminimalisir.

“Di sektor BPBD pemerintah juga bisa mewaspadai lebih dini tentang bencana alam, sehingga masyarakat maupun pemerintah mampu lebih sigap,” jelasnya.

Sementara itu Zulmadiar, salah seorang perwakilan Balai Penyuluh Dinas Pertanian Kabupaten Padangpariaman, mengatakan publikasi informasi tersebut sangat membantu petani dalam bercocok tanam.

Meskipun demikian sebut dia, para petani masih ada yang belum menggunakan dan tidak mengacu kepada publikasi informasi yang disediakan. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*