BNN Provinsi Sumbar dan PDPM Kota Pariaman Gelar Seminar P4GN

Kota Pariaman,PADANGTODAY.COM-Sekecil apapun yang dapat kita lakukan untuk pencegahan dan penyalahgunaan narkoba, merupakan hal yang besar untuk keberlangsungan bangsa yang lebih baik, demikian disampaikan Wakil Walikota Pariaman Genius Umar dalam sambutannya pada acara Seminar Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang mengangkat tema Peran Sekolah Dalam Upaya Pencegahan dan Penyalahgunaan Narkoba yang diadakan oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Barat bekerjasama dengan Pengurus Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kota Pariaman di Aula SMK N 2 Pariaman, Selasa (20/10).

Advertisements

Genius Umar yang juga Ketua Badan Narkotika Kota (BNK) Pariaman mengatakan bagaimana bangsa barat demi menguasai Negara Indonesia yang kaya akan sumber daya alam dan keindahannya berusaha bagaimana generasi muda bangsa ini untuk dilemahkan dengan Narkoba. Bagaimana generasi muda kita mulai dari remaja, pelajar sampai mahasiswa bahkan anak-anak jalanan diberikan narkoba secara gratis, yang mengakibatkan ketergantungan, sehingga kemudian anak-anak kita akan menjadi pecandu yang lama kelamaan akan menjadi pengedar, ujarnya.

“ Perlunya peran semua pihak mulai dari ustadz, ulama, ninik mamak dan pemerintah dalam memberikan pengertian pentingnya kesadaran bersama dalam memerangi narkoba, pentingnya peran sekolah dalam pengontrolan anak-anak didiknya selama berada di sekolah baik lingkungan sekitar sekolah maupun kepada pribadi siswa, dan yang terpenting perhatian dari orang tua terhadap anak-anaknya, sehingga dengan kasih saying yang ada dalam keluarga tidak akan membuat anak-anak kita melampiaskannya dengan penggunaan Narkoba “, tukasnya.

Wakil Walikota Pariaman Genius Umar juga mengucapkan apresiasi kepada PDPM Kota Pariaman yang berinisiatif untuk mengadakan seminar ini dan pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Anti Narkoba yang nantinya akan menjadi garda terdepan pencegahan narkoba di lingkungan sekolah. Dengan adanya Satgas Anti Narkoba di setiap sekolah-sekolah yang ada di Kota Pariaman hendaknya dapat menekan angka peredaran narkoba di lingkungan pelajar khususnya dan Kota Pariaman umumnya.

Dalam sambutan Kepala BNN Provinsi Sumatera Barat Mohammad Ali Azhar mengatakan bahwa saat ini Negara Indonesia sedang dalam Darurat Narkoba. Bahkan di Sumatera Barat saat ini telah ditemukan dibeberapa Kabupaten/Kota di Sumbar mempunyai ladang ganja mulai dari setengah Hektare sampai mencapai 2 Hektare. Dan Narkoba tidak akan bisa dihentikan kalau tidak ada keterlibatan semua unsur yang ada di masyarakat dan peran sekolah dalam mengantisipasi dan mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Saat ini lebih dari 50% penghuni lapas adalah pecandu dan pengedar narkoba, tutupnya.

Sedangkan Ketua PDPM Kota Pariaman Abrar Azis menjelaskan acara seminar ini dilaksanakan selama 3 hari dengan jumlah peserta sebanyak 65 orang yang terdiri dari utusan pelajar SMU/SMK dan sederajat se Kota Pariaman. Diadakannya acara ini sebagai salah satu kampanye untuk memerangi narkoba yang telah berada di level kritis, sehingga dengan adanya seminar dan pembentukan Satgas Anti Narkoba yang akan digagas, dapat menekan angka peredaran narkoba yang ada di lingkungan pelajar. Berdasarkan data dari BNN RI saat ini telah ada 4 juta lebih yang terlibat narkoba, 900 ribu adalah pecandu dan untuk Sumbar terdata sebanyak 65 ribu pecandu. Setiap tahun ada 12 ribu orang yang meninggal karena narkoba yang berarti 33 orang meninggal setiap hari karena over dosis narkoba, jelasnya.

Acara ini selain dihadiri oleh Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, juga dihadiri oleh Kepala BNN Provinsi Sumbar Mohammad Ali Azhar, Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Sumbar Raymond, Kasie hub antar lembaga kesbangpol Kota Pariaman Zulkarnaen, Ketua PDPM kota Pariaman Abrar Azis dan jajarannya selaku panitia acara, kepala sekolah dan guru serta para pelajar peserta seminar. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*