BNPB Pusat Serahkan Bantuan Banjir Kota Pariaman

yaminu rizal terima bantuan dari BNPB pusat

Advertisements

PARIAMAN, PADANGTODAY.COM -Pemerintah Pusat telah mencanangkan dana untuk Bencana mencapai angka 5 Trilyun, sehingga untuk penanganan darurat korban bencana baik bencana alam maupun non alam dapat menggunakan dana tersebut. Untuk Kota Pariaman sendiri, saat ini kami telah menyetorkan bantuan Dana Siap Pakai (DSP) dari BNPB Pusat sebesar Rp. 100 juta rupiah ke rekening BPBD Kota Pariaman, dan dana ini dapat bertambah dan tidak terbatas maximalnya untuk perbaikan infrastruktur yang rusak disaat Bencana Banji melanda Kota Pariaman (22/3) kemaren. Hal ini disampaikan oleh Deputi Tanggap Darurat/Penanganan Darurat Bencana Alam/Non Alam Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, Budi Erwanto di ruang wakil walikota pariaman, Kamis (24/3).

Budi Erwanto juga menjelaskan bahwa dana yang kami berikan ini berasal dari dan operasional BNPB Pusat, dan kami akan menunggu proposal yang akan Pemerintah Kota Pariaman ajukan kepada kami, berapa besaran tambahan dana lagi yang akan kami kucurkan untuk penanganan bencana baik infrastruktur dan fisik yang mendesak untuk diperbaiki. Dana ini nantinya dapat digunakan untuk perbaikan jembatan, sungai maupun bangunan fisik lainnya, dan ini tidak memerlukan birokrasi yang berbelit, tukasnya.

Rombongan BNPB Pusat ini diterima oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pariaman, Yaminu Rizal yang di dampingi oleh Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD, Zamzami dan Kabid BPBD lainnya Syahrizal. Yaminu Rizal mengatakan bahwa untuk mendapatkan bantuan ini, kami telah berkordinasi dengan BNPB Pusat apa saja syarat dan data yang diperlukan dalam melengkapi laporan bencana Banjir yang melanda Kota Pariaman kemaren. Banjir yang meliputi hampir separuh wilayah Kota Pariaman kemaren adalah yang terbesar selama 30 tahun terakhir. Dan DSP ini akan kami manfaatkan untuk mendata apa saja yang akan disikapi dalam penyaluran dana ini nantinya, ucapnya.

“Rp. 100 juta yang kita terima langsung masuk di hari pertama kita melaporkan bancana banjir yang melanda Kota Pariaman dengan melampirkan data kerusakan dan jumlah rumah dan pengungsi yang kita data, bekerjasama dengan Kepala desa/Lurah setempat. Kami juga sedang menyiapkan data dan proposal untuk bantuan tambahan yang akan dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur yang rusak ketika dilanda banjir. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*