Bocornya Soal UN Yang Disimpan Di Google Drive

tGDQDdL75E

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Muhammad Tsaqif Wismadi, siswa SMA 3 Yogyakarta yang ikut menjalani UN membongkar bocornya soal UN yang disimpan di google drive. Dia melaporkan penemuan tersebut ke UGM dengan mengirimkan email ke UGM.

Dalam email tersebut dia mengaku mendapatkan link download bocoran soal UN lewat grup line angkatan SMA 3 Yogyakarta. Dalam link download tersebut ada lima paket soal dari enam mata pelajaran yang diujikan untuk jurusan IPA.

Saat ditemui wartawan, Tsaqif mengaku bahwa dia sengaja melaporkan hal tersebut karena merasa link tersebut sudah menyebar luas sehingga akan muncul banyak kecurangan.

“Saya kasian dengan teman-teman saya yang memiliki integritas dan memilih jujur tidak menggunakan soal itu, kan jadi nggak adil,” katanya pada wartawan di SMA 3 Yogyakarta, Rabu (15/4).

Dia pun meminta UGM supaya tidak menggunakan hasil UN sebagai patokan untuk menerima mahasiswa baru. Karena menurutnya UN kali ini sudah tidak kredibel.

“Kami inginnya ini tidak digunakan untuk patokan masuk Perguruan Tinggi. Kalau harus ujian ulang pun kami sudah jeleh, sudah capek,” ungkapnya.

Dengan adanya bocoran soal tersebut dia hanya berharap kementerian pendidikan bisa berbenah.

“Harapan saya supaya pendidikan di Indonesia bisa lebih genah,” tandasnya.

(hhw/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*