Bonus Porprov Dicairkan, Atlet Diminta Siapkan Rekening Bank

Padangpanjang,Padantoday.com—Meski tertunda dalam rentang waktu yang cukup panjang, harapan atlet peraih medali pada perhelatan multi iven olahraga Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIII di Dharmasraya akhir 2014 silam untuk segera menerima jerih peluhnya akan segera terealisasi. Hal itu diungkapkan Pelaksana Tugas (PlT) Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Porbudpar), Maiharman kepada wartawan, Kamis (11/6).

Advertisements

Maiharman menyebutkan Surat Keputusan (SK) pencairan bonus atlet peraih medali Porprov XIII tersebut telah ditandatangani Wali Kota Padangpajang Hendri Arnis dengan nomor SK 900/44/Wako.PP/2015 tentang pemberian bonus kepada atlit peraih medali. Guna percepatan pencairan anggaran yang telah disediakan senilai Rp900 juta, Porbudpar telah menyebar undangan kepada pengurus cabang olahraga (pengcab) untuk menyiapkan data rekening masing-masing atlit peraih medali.

“Kita telah menyiapkan anggaran sebesar Rp900 juta untuk pemberiaan bonus kepada atlit peraih medali. Terkait keterlambatan proses pencairan yang cukup panjang, menimbang kejelasan dasar hukum agar tidak menyalahi aturan. Dengan telah ditandatanganinya SK pencairan, kami memintak pada masing-masing atlet segera menyiapkan rekening pribadi,” ujar Maiharman.

Sesuai dengan keputusan Pemko Padangpanjang terkait besaran bonus yang akan diberikan masing-masing atlet peraih medali, Maiharman menyebut tidak ada perubahan kecuali bagi atlet cabang olahraga Billiard yang terdaftar sebagai cabor eksebisi. “Masing-masing bonus yang akan diberikan, yakni medali emas Rp20 juta, perak Rp10 juta dan Rp5 juta untuk peraih medali perunggu. Sedangkan untuk billiard, masing-masing medali diberikan bonus setengah dari nominal itu karena tidak terhitung sebagai medali Porprov,” jelasnya.

Mantan Plt Ketua KONI Padangpanjang, Nusyirwan DN membenarkan terkait akan segera dicairkannya bonus medali bagi atlet Porprov XIII di Dharmasraya pada Desember 2014 kemarin. Proses pencairan yang langsung diberikan kepada masing-masing atlet melalui rekening pribadi, menurutnya sangat tepat dan patut diapresiasi meski pun cukup terlambat.

“Kita berharap proses pembinaan olahraga di Padangpanjang tetap bisa berjalan dengan baik, meskipun ada masalah di sana-sini. Termasuk terkait penghargaan terhadap “pahlawan” ini dalam bentuk “jariah manantang buliah” sangat perlu, karena selain sebagai alat motivasi juga sumber pendapatan bagi si atlet yang berada di tatanan keluarga berekonomi kurang mampu,” jawab Nusirwan ditemui terpisah.

David Nover Marthin, Sekretaris Pengko Pertina Padangpanjang mengakui telah menerima surat pemberitahuan terkiat pencairan bonus atlet tersebut. Dimana, dalam surat yang dilayangkan oleh Dinas Probudpar Padangpanjang tersebut, masing-masing atlet diharuskan mengumpulkan buku rekening miliknya.

“Surat pemberitahuannya telah kita terima dan juga sudah disampaikan kepada atlet penerima bonus untuk segera menyerahkan nomor rekening. Bagi yang belum memiliki rekening tabungan, segera untuk membuat agar pencairan dapat secepatnya dilakukan. Pertina sendiri pada Porprov di Dharmasraya lalu berhasil meriah 2 emas, 1 perak dan 2 perunggu,” sebutnya. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*