BPBD Agam Siagakan Personil Hadapi Banjir Sitanang

Agam, PADANGTODAY.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam mensiagakan personilnya dalam menghadapi bencana banjir yang terjadi di Kecamatan Ampek Nagari, Rabu (4/3). Untuk itu BPBD Agam telah berkoordinasi dengan Kelompok Siaga Bencana (KSB) yang ada di Nagari untuk memantau dan melapokan perkembangan banjir kepada personil BPBD yang memonitor perkembangan banjir.

Banjir yang terjadi di kenagarian Sitanang, BPBD Agam mencatat sebanyak 21 unit rumah warga terendam banjir dan kurang lebih 50 hektare lahan pertanian rusak akibat terjangan banjir.

Sementara itu akses jalan yang menghubungkan antar Nagari putus total karena ketinggian air mencapai piggang orang dewasa.

“Kita tetap melakukan monitor terus di lokasi banjir Sitanang dan mensiagakan personil kita yang juga dibantu oleh KSB setempat dalam melakukan evakuasi warga dari rumahnya ke posko pengungsian sementara. Sedangkan untuk akses jalan yang terhambat, kita telah menyiapkan satu unit perahu untuk membantu penyeberangan warga yang hendak melewati kawasan yang tergenang banjir terutama warga yang hendak ke pasar namun terhambat oleh banjir,” ujar Bambang Warsito, Kepala Pelaksana BPBD Agam.

Bambang berharap agar masyarakat tetap waspada menghadapi musim penghujan ini, karena curah hujan yang terjadi di Agam sangat tinggi bisa memicu terjadinya bencana banjir dan tanah longsor. Oleh karena itu dia meminta masyarakat untuk siaga dan waspada apabila hujan lebat untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. (martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*