BPBD Kota Payakumbuh Latihan Penyelamatan di Air

BPBD Kota Payakumbuh Latihan Penyelamatan di Air

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com– Dalam rangka meningkatkan Kesiapsiagaan Bencana, personil BPBD Kota Payakumbuh, tetap secara rutin melaksanakan latihan guna meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam mengoperasikan peralatan yang dimiliki, hal ini sangat diperlukan mengingat tugas-tugas kemanusiaan yang di emban personil BPBD sebagai wujud tanggung jawab pemerintah, menuntut BPBD harus siap, tanggap dan tangguh dalam menghadapi bencana, baik kesiapan fisik personil maupun peralatan.

Untuk itu, hari Sabtu 22 Juli 2017 BPBD mengadakan latihan penyelamatan di air (Water Rescue) yang di ikuti oleh seluruh personil BPBD yang berlokasi di Embung Boboy Kecamatan Situjuh Limo Nagari Kabupaten Limapuluh Kota.

Pelatihan yang dilakukan kali ini di fokuskan kepada mengoptimalkan penggunaan perahu karet dalam berbagai situasi yang mungkin terjadi di lapangan saat bencana, ujar Kasi Logistik BPBD Jasriyal, S.Pt.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala BPBD Kota Payakumbuh Bpk. Ir Yufnani Away, M.M. mengatakan bahwa kegiatan ini harus sering dilakukan, dan kedepannya kita akan mencoba melibatkan Masyarakat Peduli Bencana yang telah dibentuk oleh BPBD Kota Payakumbuh. Dengan semakin terlatihnya personil diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan ketenangan kepada masyarakat Kota Payakumbuh.

“Dengan kita melakukan latihan secara tidak langsung kita sudah mempersiapkan diri dalam mengantisipasi terjadi bencana banjir diwilayah Kota Payakumbuh dan daerah tetangga (Limapuluh Kota, Tanah Datar, Agam dan Bukittinggi,” ujar Kepala BPBD Kota Payakumbuh.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*