BPBD Payakumbuh Gelar Pemulihan Trauma Psikologis Bencana

H indra Sofyan memberikan tanda peserta Pelatihan Pemulihan Trauma Bencana disaksikan Kepala BPBD Ir Yufnani Away

H indra Sofyan memberikan tanda peserta Pelatihan Pemulihan Trauma Bencana disaksikan Kepala BPBD Ir Yufnani Away

Advertisements

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Pemulihan sosial psikologis bagi korban bencana alam sangat dibutuhkan sekali. Orang yang mengalami kehilangan keluarga, harta benda ketika bencana terjadi, mengalami trauma psikologis yang berat, tidak tahu apa yang harus diperbuat baik itu untuk diri sendiri maupun orang lain yang terkena bencana.

Walikota Payakumbuh yang diwakili H Indra Sofyan SE MM Staf Ahli bidang Kesra, di hadapan Kepala Peserta Pelatihan Pemulihan Sosial Psikologis korban bencana dari lima kecamatan Kota Payakumbuh (21/4) di Aula BPBD Kota Payakumbuh.

”Pemulihan secara mental dan spritual sangat dibutuhkan sekali bagi sanak saudara kita yang terkena bencana, sehingga sanak keluarga,anak-anak yang jadi korban bencana dapat terbantu terhadap trauma yang dialami dan dapat menerima dengan lapang dada,” ujar Indra Sofyan di depan peserta.

Untuk itu, Indra Sofyan berharap kepada seluruh peserta pelatihan untuk dapat mengikuti kegiatan pelatihan pemulihan sosial psikologis korban bencana dengan baik. Ilmu yang didapat ini nantinya dapat dipergunakan di tengah-tengah masyarakat, baik pada saat terjadi bencana maupun tidak terjadi bencana. Karena banyak hal-hal dalam kehidupan ini yang membawa masyarakat dalam goncangan jiwa atau trauma.

Kepala Bidang Rehabilitas dan Rekonstruksi Mulyadi SSos dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan DPA BPBD Kota Payakumbuh 2015 dengan peserta dari Payakumbuh Utara 5 orang, Payakumbuh Barat 5 orang, Payakumbuh Selatan 4 orang, Payakumbuh Timur 3 orang dan Lamposi Tigo Nagari 3 orang.

NGO Narasumber

Narasumber berasal dari Non Government Organization (NGO) Perwakilan Sumatera Barat, PMI Sumatera Barat, Dinkes Kota Payakumbuh dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Payakumbuh.

Tujuan dari kegiatan ini adalah tersedianya tenaga terlatih untuk pemulihan social masyarakat korban bencana alam, baik bencana yang ada di kota payakumbuh maupun di daerah lain, yang membutuhkan bantuan ketika terjadi bencana, kemdian pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari bertempat di Aula BPBD Kota Payakumbuh.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Payakumbuh Ir Yufnani Away didampingi Kasi Kedaruratan H Jhoni Amir, mengatakan bahwa kegiatan pelatihan pemulihan sosial psikologis ini baru BPBD Kota Payakumbuh yang mengadakan di tingkat BPBD Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat.

Selanjutnya, Ir Yufnani Away mengatakan, Kota Payakumbuh memang tingkat rawan kebencanaanya berada pada level menegah ke bawah. Tapi, tetap tidak boleh lengah karena bencana itu tidak dapat diprediksi datangnya.

”Kita harus siaga setiap saat, apalagi daerah kita dipersiapkan sebagai BPBD penyangga tentu kita harus menyiapkan seluruh kelengkapannya, baik itu Kelompok Siaga Bencana, Tim Reaksi Cepat Bencana, tim trauma healling, Kelurahan Tangguh Bencana dan kelengkapan penunjang lainnya,” ujar Ir Yufnani Away.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*