BTPN Manjakan Pensiunan

DSC_0541PADANGTODAY.COM-Nasabah pensiunan PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) yang berada dalam lingkup unit bisnis BTPN Purnabakti Sumbar sekitar 9.300 nasabah. Untuk memberdayakan mereka, BTPN menggulirkan aneka program dalam wujud Daya Sehat Sejahtera dan Daya Tumbuh Usaha.

Advertisements

RGH BTPN Wilayah Sumatera H Syukran mengatakan, pensiunan tidak bisa dipandang dari sudut bisnis biasa.Sebab, kebutuhan dan perilaku mereka berbeda. Kebanyakan mereka pensiunan dan sudah tidak bergantung pada uang pensiun bulanan.  Dengan demikian, momen mengambil dana pensiun dimanfaatkan juga untuk berkumpul dengan teman-teman.

“Mereka juga punya kebutuhan nonbank,” ujar Sukran didampingi Pimpinan BTPN Sumbar Hamdani, Hendri dan Faisal kepada wartawan Rabu (10/8).
Untuk memfasilitasi nasabah pensiunan, BTPN menggelar kegiatan rutin agar mereka tetap sehat dan produktif. Bentuknya berupa pelatihan kewirausahaan dan pemeriksaan kesehatan.

”Pelatihan kami gelar tiapl bulan. Acaranya macam-macam, kami jadikan cabang sebagai pusat komunitas,”
katanya. Akan tetapi, karena tidak semua kantor BTPN Purnabakti punya ruang yang besar, dilakukan penyesuaian layanan komunitas sesuai kondisi, semisal menggelar kegiatan di kantor BTPN Purnabakti Khatib ini.

Kegiatan bagi para pensiunan dalam program Daya Sehat Sejahtera dan Daya Tumbuh usaha sudah bergulir sejak 2009. Semua layanan ini bersifat bebas biaya. Selain itu, unit bisnis BTPN Purnabakti juga melakukan undian perjalanan rohani bagi para nasabah pensiunan.

Dikatakan , setiap tiga hari pada awal bulan di kantor BTPN, tersedia layanan konsultasi nasabah dengan dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) secara gratis. ”Jadi, sambil menunggu, mereka bisa sambil memeriksakan kesehatan. Sifatnya pun preventif,” ujar.

Dalam kesempatan senada Hamdani menyebut, pasar perbankan untuk kalangan pensiunan relatif stabil. Meskipun terdapat bank-bank lain yang kini juga menyalurkan dana pensiun, BTPN masih dipercaya. “Karena itu, kelebihan pada layanan menjadi nilai tambah,” katanya.

BTPN memfokuskan diri untuk melayani dan memberdayakan segmen mass market, yang terdiri dari pensiunan, usaha mikro & kecil, serta komunitas pra-sejahtera produktif.

Fokus bisnis tersebut didukung oleh empat unit bisnis BTPN, yaitu BTPN Sinaya – unit bisnis pendanaan, BTPN Purnabakti – unit bisnis yang fokus untuk melayani nasabah pensiunan, BTPN Mitra Usaha Rakyat – unit bisnis yang fokus untuk melayani pelaku usaha mikro & kecil, dan BTPN Syariah – yang fokus untuk melayani nasabah dari komunitas pra-sejahtera produktif.

Melalui program Daya, yaitu program pemberdayaan mass market yang terukur dan berkelanjutan, BTPN secara reguler memberikan pelatihan dan informasi untuk meningkatkan kapasitas nasabah sehingga memiliki kesempatan tumbuh dan mendapatkan peluang untuk hidup yang lebih baik. (can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*