Bubarkan Dispora, Haornas di Padang tak Libatkan Insan Olahraga

PADANG,PADANGTODAY.COM-Peran Menpora (Dispora di daerah) dalam mengangkat prestasi olaharaga, pemuda mulai dipertanyakan. Setelah kembali dibentuk 2010 lalu, peran lembaga olahraga dan pemuda ini tak terlihat. Malahan kebijakan yang diambil selalu sendiri tanpa melibatkan organisasi olahraga, seperti KONI, cabor dan organisasi pemuda.

Advertisements

Melihat kondisi ini, beberapa insan olahraga dan pemuda meminta pemerintah kembali menggabungkan instalasi ini dengan dinas pendidikan.

“Setelah lima tahun berlalu, peran Menpora dan Dispora belum terlihat, malahan program yang dilaksanakan tumpang tindih dengan KONI. Selain itu banyak kegiatan yang tak melibatkan organisasi olahraga,” terang Budi pencinta olaharaga Sumbar.

Seperti di Kota Padang, peringatan Haornas 2015, Peringatan Haornas (Hari Olahraga Nasional) tahun 2015 yang seharusnya melibatkan semua lapisan olaharaga, sangat sepi komponen olahraga di Padang. Nyaris tak tampak pengurus cabang olahraga yang hadir pada iven tahunan tersebut, mulai dari pengurus cabang olahraga tingkat kota hingga pengurus KONI Kota Padang.

Agus Suardi selaku Ketua KONI Kota Padang mengakui dirinya  memang tak hadir dalam iven yang seharusnya menjadi hari gembira komponen olahraga di Padang ini. “Saya memang tak hadir. Bagaimana mungkin hadir sebuah iven, sementara kami tak diundang. Karena (KONI) ini lembaga resmi, tentunya jika ketua berhalangan, kami bisa delegasikan kepada pengurus lain,”katanya.

Namun, Abin, sapaan akrab Agus Suardi, enggan untuk mengomentari lebih lanjut soal tak adanya undangan tersebut. “Saya no comment saja lah dulu. Biar masyarakat olahraga saja yang menilai,”katanya.

Sementara itu, pengurus cabang olahraga lainnya, seperti Syahrial dari PASI Kota Padang,mengaku institusinya memang tak mendapat undangan menghadiri Haornas tingkat Kota Padang ini. Kata Syahrial, jika memang undangan didapat pengurusnya, bagaimana-pun kondisi, ia akan menghadiri.

“Walau bagaimanapun kondisinya, kami pasti akan usahakan untuk hadir,”kata Sekum PASI Kota Padang ini

Sementara Sekum PABBSI Kota Padang Edwarsyah juga mengaku demikian. Kendati tengah berada di Bandung mendampingi atlet Popnas, Edwarsyah menilai jika ke institusinya diterima, pengurus lain pasti akan menghadiri.

“Inikan hari besar masyarakat olahraga, jadi bagaimana mungkin kami tak menghadiri,”sebut Edwarsyah.

Dari sekian banyak pengurus yang tak mendapat undangan, salah satu pengurus Cabang Olahraga, yakni PODSI (Dayung), Esnetti mengaku hadir dalam kegiatan itu. “Saya hadir kok, tapi memang kawan-kawan pengurus cabang lainnya tak tampak dalam kegiatan itu. Tak tahu kenapa mereka tak menghadirinya,”urai Esnetti lagi.

Menanggapi ini, Kadispora Kota Padang, Suardi mengelak jika disebut pihaknya sebagai pelaksana kegiatan, tak mengundang pengurus cabang olahraga dan pengurus KONI Padang untuk hadir dalam peringatan Haornas.

“Oh, tak mungkin jika kami tak mengundang. Saya yang minta sendiri kok ke jajaran untuk mengantar 40 undangan. Kebetulan karena koordinasi di cabang olahraga ada di KONI, undangan tersebut dititip ke sekretariat KONI Kota Padang,”katanya.

Saat ditanya apakah memang tak ada pengurus olahraga yang hadir, Suardi menyebut dirinya tak memperhatikan satu per satu undangan yang datang.

“Kebetulan sibuk sekali karena pelaksanaan Haornas kali ini digabung dengan Dispora provinsi dan Pak Kadispora Provinsi, pak Priadi Syukur hadir. Jadi saya tak tahu pengurus cabor hadir atau tidak,”kata Suardi pula.(can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*