Budaya Lokal Harus Bisa Bersaing dengan Budaya Modern

Pariaman, Padangtoday.com-Mengantisipasi makin berkembangnya budaya modern, semua lapisan harus melakukan kolaborasi antara budaya daerah dan budaya modern.

Advertisements

“Festival Pesisir kali ini, salah satu wadah untuk menyembangkan budaya lokal dengan budaya modern,” ujar Walokota Pariaman Mukhlis Rahman kepada www.padangtoday.com.

Menurutnya, sumber daya daerah adalah budaya daerah yang merupakan produk dan nilai tradisi daerah yang pasti dimiliki suku bagsa di Indonesia. Kota Pariaman melihat kondisi geografis, lingkungan alam, dan asal usul sejarah serta filosofi kehidupan merupakan unsur-unsur yang membentuk nilai tradisi budaya yang unik dan khas, semuanya ini dapat dikemas dan ditampilkan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisata di Kota Pariaman.

Ia menjelaskan, dengan ivent seperti ini, kita harus dapat melakukan kolaborasi antara budaya daerah dan budaya modern, sebagaimana yang dilakukan pada ivent Festifal Pesisir tersebut.

“Ditengah menggeliatnya budaya modern yang dapat menggusur budaya lokal, kita harus bisa menampilkan budaya kita dengan budaya modern, dengan disain yang unik dan kreatif tanpa harus meninggalkan nilai-nilai budaya yang kita miliki,” ungkap Mukhlis.

Selain itu, tambah Mukhlis R, jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini cukup banyak, ini menunjukan antusiasme masyarakat untuk memeriahkan Festifal Pesisir Tahun 2015 di Kota Pariaman ini, dan semua ini tercipta berkat kegigiahan dari panitia pelaksanaan dalam mempromosikan iven tersebut.

Melalui kegiatan ini, harap Mukhlis, dapat melestarikan nilai budaya Piaman di tengah perkembangan zaman, yang pada akhirnya dapat menigkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Pariaman. Kedepan kiranya event seperti ini dapat kita pertahankan, bukan saja sebagai salah satu identitas daerah, tapi juga sebagai sarana promosi dan prospek investasi daerah dimasa masa mendatang, tandas Mukhlis Rahman. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*