Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2014, “Lima Ratus Anak Di Kota Padang, Dan Berkebutuhan Khusus Mendapatkan Pelayanan Kesehatan Gigi Gratis”

Penendatanganan Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2014

Penendatanganan Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2014

PADANG, PADNGTODAY.com– Pepsodent kembali berkolaborasi dengan persatuan Dokter Gigi Indonesia(PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI), dalam menyelenggarakan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN).Kegiatan ini mengedukasikan serta pelayanan kesehatan gigi dan mulut gratis dilakukan secara konsisten sejak tahun 2010 ini resmi dibuka di buka di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Fakultas (RSGM) kedokteran Gigi (FKG) Universitas Baiturrahamah Padang, (12/9).

Pelaksanaan BKGN di Padang akan berlansung dari tanggal 12-14 September 2014, dengan melibatkan 300 tenaga medis tenaga kesehatan gigi dan mulut agar dapat memberikan pelayanan keshatan gigi ddan mulut, sekitar 2000 orang diwilayah Padang.

Penyakit gigi dan mulut termasuk dalam 10 besar penyakit yang paling banyak dikeluhkan oleh masyarakat indonesia.Temuan tersebut diperkuat hasil riset DEPKES tahun 2008, menyatakan bahwa sekitar 25,9% penduduk indonesia permasalhan gigi dan mulut namun baru 31,1% yang menerima pelayann keshatan gigi dan mulut. Salah satu Komitmen Pepsodent diwujudkan melalui kegiatan BKGN, kami berharap dapat memberikan edukasi tentang pentingnya merawat kesehatan gigi dan mulut, kami tidak hanya memberikan pelayanan di kota besar saja , namu kami akan melayani keshatan gigi dan mulut ini kepada masyarakat indonesia dan pelosok-pelosok,”Ujar drg.Ratu Mirah Afifah GCCLindent., MDSc sebagai maneger PT. Unilever Indonesia Tbk.

Hingga saat ini Indonesia sudah memiliki 25.000 dokter gigi dengan 66% terpusat di pulau Jawa dan sisanya menyebar di Indonesia. Meskipun Indonesia memiliki 25.000 dokter gigi, dalam arti sudah mencukupi, namun penyebaran dokter gigi tidak merata, serta tidak profesional dengfan jumlah penduduk akibatnyta jumlah dokter gigi di beberapa provinsi masih belum cukup. 23 provinsi Masih Kekurangan doktergigi. Sedangkan 60% total puskesmas atau 7.158 puskesmas memiliki dokter gigi(Kemenkes 3013),” ungkap drg. Endang Jeniati MARS ., Ketua Biro Perkumpulan Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia.

Dalam rangka membantu pemerataan edukasi serta pelayanan kesehatan gigi dan mulut, BKGN yang ke5 ini, terus memperluas jangkauan edukasi pelayanan kesehatan gigi dan mulutbagi masyarakat indonesia. Total 18 fakultas kedokteran gigi dan 20 PDGI cavang di seluruh indonesia akan berpatisipasi untuk mensukseskan BKGN. Sekitar 4.000 tenaga keshatan gigi akan turun dalam kegiatan tahunan ini berlangsung mulai dari 12 september hingga 19 November 2014.

Sumatera Barat saja sudah memiliki 562 dokter gigi (KKI:2012),” jika melihat penduduk sumatera barat yang jumlahnya sekitar 4,8 juta jiwa, dapat dikatakan dokter gigi bertanggung jawab untuk melayani 8.500 pasien.Perbandingantersebut sudah memenuhi standar yang direkomendasikan oleh indikator indonesia sehat. Dimana pada tahun 2010 setiap dokter harus melayani 10.000 pasien , namun masyarakat hanya melakukan kontrol hanya 7.8% .Melalui BKGN ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Sumatera Barat, Khususnya Kota Padang. Agara BKGN dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Indonesia, kami juga mengundang sejumlah siswa sekolah dasar berkebutuhan khusus saat pelaksanaan BKGN di Uneversitas Baiturrahamah,” Ungkapdrg. Utami Arma, MDSc Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahamah. (dil)

One comment

  1. Saya tertarik dengan informasi mengenai Kedokteran/Kesehatan diatas.
    Selain itu, tulisan diatas sangat menarik untuk dipelajari yang dapat menambah wawasan kita mengenai Informasi Kedokteran/Kesehatan.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Informasi Kedokteran/Kesehatan yang bisa anda kunjungi di Program Studi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*