Bule Singgalang Menang Lomba Foto Paralayang

Jeffry Ricardo Magno, yang menjadi juara pertama dalam xc paralayang dan karnaval 2015, di gunung Bungsu, Limapuluh Kota

Jeffry Ricardo Magno, yang menjadi juara pertama dalam xc paralayang dan karnaval 2015, di gunung Bungsu, Limapuluh Kota

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Wartawan sekaligus fotografer Harian Singgalang yang juga Korda Payakumbuh Jeffrey Ricardo Magno atau yang biasa dipanggil bule, berhasil menjadi juara pertama lomba foto nasinal paralayang 2015 yang digelar Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Limapuluh Kota. Foto yang menang itu, berjudul “Meluncur di antara Awan”.

Lomba foto yang digelar bersamaan dengan Kejurnas XC paralayang dan karnaval 2015 di gunung Bungsu, Limapuluh Kota itu, diikuti oleh puluhan fotografer baik yang berasal dari Sumatera Barat, maupun dari daerah lainnya di Indonesia, seperti Jawa Tengah, Surabaya, Jakarta, dan negara tetangga Malaysia. Dari puluhan fotografer itu, panitia menerima ratusan foto yang sangat memikat dengan angle-angle menarik terkait paralayang.

Panitia lomba foto, Nicky, Senin (15/6), mengatakan, panitia cukup kewalahan menerima hasil foto yang diserahkan peserta.
“Kami dari panitia cukup kewalahan menerima hasil foto dari peserta, karena banyaknya foto yang masuk. Bahkan foto-foto yang masuk, banyak berasal dari fotografer-fotografer luar daerah. Meski tidak sedikit juga yang berasal dari dalam daerah,” ujarnya.

Menurutnya, panitia menyediakan total hadiah sebesar Rp6 juta, untuk masing-masing juara yang terdiri dari juara pertama menerima hadiah sebesar Rp3 juta, pemenang kedua Rp2 juta, serta pemenang ketiga Rp1 juta.
“Selain itu, kami juga mendatangkan dewan juri yang sudah mempunyai nama di dunia fotografi dan berkompeten serta pernah menjadi jawara di tingkat internasional. Mereka adalah Zhu Qincay dari kantor berita EPA yang juga ketua PFI Sumbar, Iggoy El Fitra dari kantor berita Antara, serta Fetris M. Fais dari kantor berita AFP,” tambahnya.

Dikatakan, aspek penilaian mulai dari tema hingga teknis foto sangat diperhatikan dan dinilai secara seksama oleh dewan juri. Sehingga didapatkan keputusan bersama, dengan menetapkan pemenang lomba ini dari yang teratas hingga peringkat ketiga. “Inilah foto yang merepresentasikan kegiatan Kejurnas paralayang yang dilaksanakan di gunung Bungsu Limapuluh Kota, dan terbaik menurut para juri,” ungkapnya.

Untuk pemenang kedua diraih oleh Erik, yang merupakan fotografer dari Padang, Sumatera Barat. Sedangkan untuk peringkat ketiga diduduki oleh fotografer tuan rumah, Dika Pitopang.

Sementara itu, Bupati Limapuluh Kota, Alis Marajo Dt. Sori Marajo, yang dihubungi terpisah, mengatakan, sangat mengapresiasi foto-foto yang diterima panitia lomba. Menurutnya, foto-foto yang ikut lomba ini akan digunakan sebagai media informasi dan promosi terkait wisata dan paralayang Limapuluh Kota kepada dunia luar.
“Selain itu, saya pribadi juga sangat mengapresiasi para peserta yang mengirimkan foto-foto yang sangat luat biasa ini. Bahkan sudah ada hasil foto ini yang diberikan kepada Dubes dan tamu-tamu yang berkunjung ke Limapuluh Kota,” ujarnya.(rel/mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*