Bupati Agam Indra Catri Resmikan Asrama Rumah Susun Sederhana Sewa “Rusunawa”

Agam, PADANGTODAY.com-Berselang satu pekan, Bupati Agam Indra Catri kembali melakukan peresmian Asrama Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) di Pondok Pesantren (Ponpes) Diniyyah Pasia, Kecamatan Ampek Angkek, Rabu (16/9).

Advertisements

Peresmian Asrama Rusunawa itu dilakukan dengan menandatangani prasasti dan pengguntingan pita yang didampinggi beberapa pimpinan Ponpes di lingkungan Kabupaten Agam. Sebelumnya, Indra Catri juga meresmikan Asrama Rusunawa MTI Canduang pada Kamis (10/9).

Pada kesempatan itu, Indra Catri meyakini Pondok Pesantren Modern Diniyyah Pasia ini bisa menjadi pondok pesantren terkemuka, baik di Sumbar maupun di Indonesia. Karena didasarkan lima hal pada Ponpes Diniyyah Pasia yakni, sejarahnya cukup panjang, memiliki tradisi yang baik, dukungan masyarakat, infrastruktur, guru dan siswa.

Kedepan peran Ponpes menjadi sangat penting dan strategis. “Untuk itu, sejak tahun 2010 terus mendukung program dan kegiatan Ponpes dengan menyalurkan bantuan sebesar Rp1,6 miliyar,” katanya.

Dikatakan bupati, nilai ini tentu sangat kecil jika dibandingkan dengan peran dan kontribusi yang diberikan Ponpes terhadap kesejahteraan umat. Setahun terakhir, ruang gerak untuk membantu pondok-pondok pesantren menjadi terbatas.

“Seiring dengan terbitnya Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 32 tahun 2011 tentang hibah dan Bansos. Ketentuan itu membatasi pemerintah daerah untuk memberikan hibah dan Bansos kepada masyarakat, sehingga memberi peluang penafsiran yang berbeda oleh berbagai pihak,” terangnya.

Indra Catri menjelaskan, Pemkab Agam semenjak 2012 telah berupaya dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, guna ikut berkontribusi menyediakan berbagai sarana dan prasarana untuk Ponpes. Sehingga Kabupaten Agam melalui Kementerian Perumahan Rakyat dan Kementerian Pekerjaan Umum dari tahun 2012 hingga 2014 mendapat bangunan Rusunawa sebanyak sembilan gedung yang berlantai tiga dan lima.

“Total biaya untuk pembangunan ini sekitar Rp64 miliyar dan mampu menampung sebanyak 1.830 santri. Hal yang membanggakan kita adalah dari total 36 unit Rusunawa yang dibangun di Sumbar, sembilan unit atau sekitar 25 persen berada di Kabupaten Agam,” ujar bupati.

Kesembilan Rusunawa itu, kata Indra Catri, dibangun di delapan Ponpes yakni, Sumatera Thawalib Parabek sebanyak dua Rusunawa, Limo Jurai Sungai Pua satu Rusunawa, MTI Canduang satu Rusunawa, Diniyyah Pasia Ampek Angkek satu Rusunawa.

Lalu, MTI Pasie Ampek Angkek satu Rusunawa, Ponpes Mualimin Sawah Dangka satu Rusunawa, Ponpes H. Abdul Karim Syu’aib IV Koto satu Rusunawa dan Ponpes Nurul Yaqin Manggopoh satu Rusunawa. (AP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*