Bupati Agam, Resmikan Sasaran Silek Tuo Galuik Sarasah Tumandi Jorong Sungai Guntung Kecamatan Palupuah

Salah-satu-sasaran-silek-di-luhak-Agam-saat-menampilkan-kebolehan-di-hadapan-Bupati-Agam-Indra-Catri
Agam, PADANG-TODAY.com-Bupati Agam Indra Catri meresmikan sasaran Silek Tuo Galuik Sarasah Tumandi Jorong Sungai Guntung, Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah, di lapangan olahraga Jorong Sungai Guntung, Jum’at (4/9).

Advertisements

Peresmian itu turtut dihadir oleh Ketua IPSI Kabupaten Agam Martias Wanto, beberapa kepala SKPD se-Kabupaten Agam, Tuo Silek se-Luhak Agam dan pengurus sasaran silek se-luhak Agam.

Bupati Agam Indra Catri memberikan apresiasi yang penuh kepada masyarakat Jorong Sungai Guntung yang telah mendirikan sasaran silat dan mengembangkan silat ditengah-tengah masyarakat.

“Pertahankan dan kembangkan silat ini hingga puluhan, ratusan, bahkan selama-lamanya. Jangan sampai silat bagaikan bunga kembang tak jadi dan datang pergi secara tiba-tiba,” terang bupati.

Bupati mengharapkan, mudah-mudahan dengan silat ini anak kemenakan terhindar dari marabahaya yang akan membahayakan dirinya. Dari segala perbuatan yang akan merasuki dan mempengaruhi kehidupan mereka.

Ketua IPSI Kabupaten Agam, Martias Wanto mengatakan, ini merupakan program pemerintah yang diberikan pada IPSI untuk mendirikan sasaran silat satu jorong satu sasaran.

“Itu sudah kita laksanakan, namun belum semua jorong yang memiliki sasaran silat, tapi setiap nagari di Kabupaten Agam sudah memiliki sasaran silat tersebut,” katanya.

Ia mengharapkan, dukungan dari ninik mamak dan masyarakat untuk bisa menuntaskan program dari pemerintah ini. Sebab silat yang akan dikembangkan ini bukan hanya untuk melatih mental dan fisik seseorang, namun juga untuk mengalirkan keimanan dan kekeluargaan kepada sesama.

Disamping itu, Ketua Sasaran Silat Galuik Sarasah Tumandi, SY. Dt Patiah Baringek, mengatakan, setiap malam minggu di Jorong Sungai Guntung didatangi oleh sasaran silat se-luhak Agam untuk melakukan silaturahmi, setiap datang ada empat hingga lima sasaran silat.

“Nagari Pasia Laweh ini ada dua sasaran silat yaitu Sasaran Silat Malintang Sati dan Sasaran Silat Galuik Sarasah Tumandi yang akan mencoba membangkitkan batang nan tarandam di ranah minang,” terangnya.

Setelah itu, Tuo Silek Kabupaten Agam, Nyiak Danau mendarahi lapangan dengan cara menyembelih seekor ayam tanda diresmikannya sasaran silek di Jorong Sungai Guntung. (AP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*