Bupati Agam: Silat Bukan Hanya Untuk Bela Diri, Namun Sebagai Benteng Generasi Muda dan Memperbaiki Akhlak

Bupati Agam Indra Catri bersama Guru Silat Kabupaten Agam.

Bupati Agam Indra Catri bersama Guru Silat Kabupaten Agam.

AGAM, PADANGTODAY.com- “Silat bukan hanya untuk bela diri, namun sebagai alat untuk membentengi generasi muda dan memperbaiki akhlak, karena dengan silat, anak-anak tidak hanya diajarkan untuk bagaimana mempertahankan dirinya, namun juga ditanamkan nilai-nilai keagamaan dan menyayangi antar sesama serta menjalin ukhuwah islamiyah.” Ujar Bupati Agam saat membuka Festival Silat Tradisional antar Sasaran di Agam, Sabtu (25/10).

Menurut Bupati Agam Indra Catri , bahwa ini merupakan pilar atau benteng kita untuk memperbaiki Akhlakul Karimah yang kini berkembang ditengah-tengah masyarakat, karena dengan tradisi Silat merupakan alat untuk memperbaiki akhlak generasi muda.

Bupati Agam Indra Catri mengharapkan silat bangkit kembali di luhak Agam, dan Bupati Agam meminta agar setiap jorong harus mempunyai satu Sasaran silat untuk melatih anak-anak dan mencegah generasi muda dari pergaulan bebas dan aspek negatif arus globalisasi yang banyak merusak moral generasi muda.

Festival Silat Tradisional antar sasaran/ perguruan di Kabupaten Agam atau yang dikenal dengan Galanggang Siliah Baganti (GSB) kembali digelar untuk kali yang kedua. GSB ini diadakan di Gedung Olah Raga (GOR) Rang Agam Lubukbasung dan diikuti oleh lebih 500 pesilat yang berasal dari 90 sasaran yang ada di Kabupaten Agam. Direncanakan pelaksanaannya sampai hari Senin besok.

Menurut Martias Wanto selaku ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Agam mengatakan, bahwa kegiatan ini diadakan untuk mempersiapkan pesilat Agam meghadapi event yang lebih besar lagi, serta untuk persiapan Agam sebagai tuan rumah pelaksanaan Galanggang Siliah Baganti (GSB) Tingkat Sumatera Barat Tahun 2015 mendatang.

” Ini sebagai langkah kita untuk mempersiapkan diri menghadapi GSB tingkat Sumbar yang mana kita sendiri menjadi tuan rumahnya. Pada GSB tingkat Sumbar sebelumnya, kita menjadi juara umum, sehingga kita terus melakukan berbagai persiapan agar dapat mempertahankan juara umum GSB tingkat Sumbar nanti ” Ujar Martias Wanto, ketua IPSI Agam.(martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*