Bupati Ali Mukhni, Sampaikan Informasi yang Benar Sebelum Mereka Meminta Informasi

Bupati Ali Mukhni bersama Ketua KI Syamsul RIzal melihat Daftar Keterbukaan Informasi Publik di ruangan Humas Padang Pariaman

Bupati Ali Mukhni bersama Ketua KI Syamsul RIzal melihat Daftar Keterbukaan Informasi Publik di ruangan Humas Padang Pariaman

Advertisements
Padangpariaman,PADANG-TODAY.COM–Pemerintah Kabupaten Padangpariaman gelar sosialisasi Undang-Undang nomor 14 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP), di Hall IKK Parit Malintang, Senin (18/4). Acara yang dibuka oleh Bupati Ali Mukhni tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Komisi Informasi Sumatera Barat Syamsul Rizal, Arfitriati, Adrian Tuswandi Bidang PSI Komisi Informasi Sumbar.

Sebagaimana dirilis Setda Humas, Selasa 19-04-2016, Acara diselenggarakan oleh Bagian Humas selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) utama Padangpariaman, diikuti oleh seluruh perwakilan SKPD, Walinagari dan ASN di lingkungan Pemkab Padangpariaman.

Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni dalam sambutanya mengatakan bahwa bagaimana masyarakat bisa mengetahui informasi yang diberikan kan sesuai dengan UU No 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi.

“kita selalu komitmen tentang keterbukaan informasi, jangan sampai masyarakat bertanya bahwa mereka membutuhkan informasi tapi berikanlah sebelum dia bertanya”.
sosialisasi ini sangat penting dilaksanakan karena keterbukaan informasi publik bukan saja merupakan bagian dari hak asasi manusia secara universal, namun juga merupakan hak konstitusional setiap warga negara.

“mohon berikanlah informasi yang benar, yang penting sekali pada tingkat nagari yang mana anggaran setiap nagari mencapai 1,16 milyar pernagari, untuk itu keterbukaan informasi ini sangat penting sekali, ini haknya, masyarakat memiliki kewajiban juga untuk mematuhi berbagai peraturan dan mekanismenya,” kata Ali Mukhni.

sebelumnya Kabag Humas Hendra Aswara dalam laporanya mengatakan bahwa pelaksanaan sosialisasi ini dihadiri 200 peserta dari staf ahlli sampai ke tingkat nagari dan sekolahan
“peserta pelaksanaan sosialisasi diikuti oleh 200 peserta terdiri dari staf ahli, asisten, badan kantor, anggota PPID Utama PPID Pembantu tingkat nagari, tingkat sekolah sma, tingkat smp”.
Sementara itu Ketua Komisi Informasi Sumbar Syamsul Rizal dalam paparanya menyampaikan bagaimana masyarakat tahu yang dipublikakasikan pemerintah seperti melakukan perencanaan, pelaksanaan dan hasil yang dicapai maanfaat.

“pemerintah yang mengunakan anggaran negara harus transparan bagaimana perencanaan kegiatan, pelaksanaan dan hasil yang dicapai, informasi ini penting, baik bagi masyarakat maupun bagi media,” kata Syamsul Rizal.(rl/sgr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*