Bupati dan Kajari Sepakat Tangani Masalah Hukum

Bupati dan Kajari Sepakat Tangani Masalah Hukum

Bupati dan Kajari Sepakat Tangani Masalah Hukum

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi dan Kajari Payakumbuh Hasbih, SH menandatangani kesepakatan bersama antara Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota dengan Kejaksaan Negeri Payakumbuh tentang penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha Negara. Tujuannya untuk menangani bersama penyelesaian masalah hukum di bidang perdata dan tata usaha Negara yang dihadapi Pemkab Limapuluh Kota, baik di dalam maupun di luar pengadilan.

Penandatanganan kesepakatan tersebut dilakukan di aula Kantor Bupati di Bukit Limau Sarilamak disaksikan para pejabat Pemkab Limapuluh Kota, Kamis (6/10).

Dalam kesepakatan itu disebutkan, dalam menghadapi permasalahan hukum di bidang perdata dan tata usaha Negara Pemkab Limapuluh Kota dapat meminta bantuan hukum, pertimbangan hukum, maupun tindakan hukum lainnya kepada Kejari Payakumbuh. Kesepakatan tersebut berlaku selama 3 tahun dan dapat diperpanjang berdasarkan kesepakatan para pihak.

Bupati Irfendi Arbi dalam sambutannya mengatakan kesepakatan bersama itu dilakukan untuk perbaikan kinerja Kabupaten Limapuluh Kota ke depan. Kerjasama ini dalam rangka meluruskan pekerjaan-pekerjaan dan melaksanakan yang diragukan, supaya pekerjaan tuntas sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.

Menurut Irfendi, tidak ada yang perlu ditakutkan para pejabat di lingkungan Pemkab Limapuluh Kota selagi berjalan di atas koridor hukum. Ia juga meminta jajarannya untuk menerapkan keterbukaan dan mewujudkan akuntabilitas.

“Tak ada yang perlu ditakutkan bila kita benar-benar berjalan di atas rel,” tegas Irfendi.

Dalam kesempatan itu Irfendi, juga mengajak jajarannya kompak, satu kata satu perbuatan. Bila tidak kompak, sebaik apapun perencanaan yang dibuat tidak akan terlaksana sesuai harapan.

Tak kalah pentingnya, lanjut Irfendi, ke depan Pemkab Limapuluh Kota harus menerapkan elektronik planning yang tujuannya juga untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih.

“Ke depan kita harus bisa mewujudkan dana yang dikelola pemerintahan daerah ini benar-benar bisa dirasakan mafaatnya oleh masyarakat,” ujar Irfendi.

Sebelumnya, Kajari Payakumbuh Hasbih, SH dalam penyampaiannya menegaskan sesuai kesepakatan yang dibuat, pihaknya sangat siap memberikan bantuan, pertimbangan dan tindakan hukum terhadap Pemkab Limapuluh Kota. Bantuan itu bisa dalam bentuk konsultasi hukum.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*