Bupati Lepas JCH Lima Puluh Kota, Pemkab Ringankan Beban JCH

Bupati Lepas JCH Lima Puluh Kota, Pemkab Ringankan Beban JCH

Bupati Lepas JCH Lima Puluh Kota, Pemkab Ringankan Beban JCH

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Bupati Lima Puluh Kota menegaskan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Limapuluh Kota kembali akan menanggung dan memfasilitasi pemberangkatan dan pemulangan jemaah calon haji (JCH) pulang pergi ke Asrama Haji di Padang. Ini menunjukan niat Pemkab untuk sedikit meringankan beban jemaah.

Penegasan itu disampaikan Bupati Lima Puluh Kota diwakili Asisten Administrasi Umum H. Iryanis, SH dalam sambutannya pada acara melepas secara resmi JCH dari daerah setempat di aula kantor bupati di Sarilamak, Selasa (25/8).

“Alhamdulillah tahun ini kita kembali bisa menanggung biaya transportasi dan penyediaan makanan bagi jemaah dalam perjalanan pergi dan kembali dari Asrama Haji Padang,”  ungkap Bupati.

Menurut Iryanis, agar  bisa melaksanakan seluruh rangkaian ibadah dengan baik, para jemaah harus disiplin dan senantiasa menjaga kesehatan. Khusus bagi para ketua regu atau rombongan, hendaknya tidak bosan mengingatkan para anggotanya untuk disiplin dan tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak perlu.

“Apalagi dalam musim haji tersebut kondisi Mekah sangat padat dan menuntut toleransi dan saling bantu antar jemaah. Terutama bagi jemaah yang sudah berusia lanjut, hendaknya senantiasa dibantu jemaah yang muda,” ingat Iryanis.

Sebelumnya Kepala Kemenag kabupaten Lima Puluh Kota Gusman Piliang dalam laporannya menyebut, jumlah jemaah calon haji tahun ini sebanyak 258 orang.Jemaah terbanyak berasal dari Kecamatan Harau yang berjumlah 59 orang.

Sedangkan jemaah termuda bernama Fitri Istislam Zafni Binti Zafri Dirin (24 tahun) dari Ekor Parit Nagari Limbanang Kecamatan Suliki, dan yang tertua Jurnalis Binti Jumin (84 tahun) asal Padang Ambacang Kecamatan Situjuah Limo Nagari.

Dikatakan, keberangkatan JCH daerah ini tergabung dalam kloter 10 dan masuk asrama haji di padang pada tanggal 2 September 2015 serta berangkat esok harinya tanggal 3 September sekitar pukul 17.30 Wib.

Dalam penyampaiannya Gusman mengapresiasi dan mengaku sangat senang dengan adanya bantuan dan fasilitasi bagi jemaah. “Kita sangat berterimakasih kepada Pemkab Lima Puluh Kota yang kembali membantu pemberangkatan dan pemulangan jemaah ke asrama haji di Padang,” papar Gusman.

Ikut hadir dalam acara itu Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, SH.(rel/dod)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*